Peran Perbankan Syariah dalam penguatan Usaha Mikro di Kota Ambon: studi pada Bnak Syariah Mandiri KC Ambon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamarudin, Ode (2019) Peran Perbankan Syariah dalam penguatan Usaha Mikro di Kota Ambon: studi pada Bnak Syariah Mandiri KC Ambon. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ode Kamarudin_F02417141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui peran BSM Kantor Cabang Ambon dalam penguatan Usaha Mikro Kecil di Kota Ambon dan Faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala BSM Kantor Cabang Ambon dalam penguatan usaha mikro di Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, terkait Peran perbankan Syariah dalam penguatan usaha mikro di Kota Ambon studi pada bank syariah mandiri kantor cabang Ambon. Hasil penilitan menunjukan bahwa BSM KC Ambon berperan penting dalam perkembangan Usaha Mikro untuk sebagian masyarakat kota Ambon, dengan adanya pembiayaan yang dilakukan BSM KC Ambon sangat membantu masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka kerana mendapatkan penambahan modal. Pembiayaan yang berikan oleh BSM KC Ambon dengan menggunakan akad murābahah, dengan unsur kehati-hatian menggunakan prinsip analisis 5C, walaupun nasabah mikro pada BSM KC Ambon tidak terlalu banyak jumlahnya. Perannya untuk penguatan usaha mikro BSM KC Ambon melakukan pendampingan usaha, pelatihan kepada nasabah dan melakukan pick up service terhadap usaha mikro, yang memperoleh manfaat berupa bertambahnya modal usaha, bertambahnya pendapatan, dan meningkatkan nilai tabungan. Kendala yang dihadapi BSM KC Ambon antara lain persaingan dengan banyak bank, luas wilayah Kota Ambon yang kacil, kebijakan pemerintah sangat lambat terhadap bank syariah sehingga tidak sedikit masyarakat yang belum tahu tentang produk dan istilah-istilah di perbankan syariah serta bank syariah belum maksimal dalam mengembangkan usaha mikro di kota Ambon. Temuan dari hasil penelitian ini adalah BSM KC Ambon belum sepenuhnya berperan terhadap pengutan usaha mikro di kota Ambon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamarudin, Odeodekamarudin123@gmail.comF02417141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kamarudin Ode
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:50
Last Modified: 17 Dec 2019 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36333

Actions (login required)

View Item View Item