Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Bamboo Dancing (tari Bambu) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs. Ma'arif Putra-Putri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Iin Indra (2010) Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Bamboo Dancing (tari Bambu) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs. Ma'arif Putra-Putri Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iin Indra Permatasari_D01206226.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36335

Abstract

Masalah yang diteliti ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu) pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas VII di MTs Ma'arif putra putri lamongan?, 2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas Vll pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTs Ma'arif Putra­ Putri Lamongan?, 3) Seberapa tingkat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTs Ma'arif Putra Putri lamongan? Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan prosedur, yaitu: observasi, dokumentasi dan penggunaan tes. Dari penelitian ini di dapatkan bahwa 1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu) pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Ma'arif putra-putri lamongan termasuk kriteria sangat baik, hal ini terbukti dari hasil analisis data yang menyatakan bahwa langkah pendahuluan sampai pada langkah antusias peserta didik dalam pembelajaran mencapai rata-rata 3,6 dan dikategorikan sangat baik. 2) Hasil belajar peserta didik yang diukur dengan posttest adalah tergolong baik, karena hal ini berdasarkan pada data yang dianalisis dengan hasil rata-rata 83,72%. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu) dapat meningkatkan efektivitas prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikansi 0,02 karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis uji t dapat diperoleh hasil sebagai berikut: thitung > ttabel (3,279>2, 145) ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma'arif Putra-putri Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Iin Indra--D01206226
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherHuda, Hisbullah--197001072001121001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pembelajaran koperatif; Bamboo Dancing; tari Bambu; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:50
Last Modified: 16 Dec 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36335

Actions (login required)

View Item View Item