Urgensi perencanaan sistemik dalam aktifitas pembelajaran PAI di MA Tanwirul Islam Tanggumong Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfud, Mahfud (2010) Urgensi perencanaan sistemik dalam aktifitas pembelajaran PAI di MA Tanwirul Islam Tanggumong Sampang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahfud_D012061132.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36355

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam hal Aktifitas pembelajaran PAI. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui Urgensi perencanaan guru Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan aktifitas pembelajaran PAl, serta untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Perencanaan Pengajaran yang bersifat sistemik bagi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang hams dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal perencanaan, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur perencanaan, serta mampu melaksanakan perencanaan tersebut sehingga didapat basil Pengajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan proses belajar menagajar. Perencanaan tersebut dimulai dari merancang perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran, mengolah dan menganalisis basil perencanaan hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti basil pelaksanaan perencanaan pengajaran sistemik. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah guru PAI di MA Tanwirul Islam Tanggumong Sampang telah melakukan perencanaan sistematik dalam pengajaran, Apakah guru PAI di MA Tanwirul Islam Tanggumong sampang mempunyai kreativitas dalam merencanakan pengajaran, Bagaimana Urgensi Perencanaan Sistemik pada mata pelajaran PAT di MA Tanwirul Islam Tanggumong Sampang. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Adapun yang menjadi tolok ukur kemampuan guru dalam merancang perencanaan pengajaran yang bersifat sistemik guru dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi tinggi, sedang atau rendah. Metode pengumpulan data pada skripsi ini ialah dengan observasi, wawancara dan dekomentasi sedangkan teknik analisis data yaitu dengan mengolah basil data­ data tersebut. Pengolahan dengan editing dan skoring terhadap hasil observasi dan wawancara. Setelah dilakukan analisis dari hasil data-data yang diperoleh oleh peneliti melalui editing dan skoring dan diketahui babwa kompetensi guru dalam hal perencanaan dapat dilihat dari penjumlahan skoring yang menunjukkan bahwa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfud, Mahfud--D012061132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamim, Nur--196203121991031002
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Perencanaan sistemik; aktifitas pembelajaran; manajemen pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:49
Last Modified: 18 Dec 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36355

Actions (login required)

View Item View Item