Peran Multimedia Interaktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pemuda Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainiyah, Lilik (2010) Peran Multimedia Interaktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pemuda Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Zainiyah_D01206240.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36361

Abstract

Kesulitan belajar merupakan hal yang niscaya bagi peserta didik, namun keniscayaan ini bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Ini merupakan kewajiban seorang pendidik untuk mencari jalan keluar atau mencari solusi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Kemajuan teknologi dan informasi dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk melancarkan proses pembelajaran. Baru-baru ini dikenal dengan multimedia interaktif yang memiliki keistimewaan yang dimungkinkan bisa mengatasi atau meminimalisir kesulitan belajar siswa Salah satu sekolah yang menggunakan multimedia interaktif adalah SMA Al-Hikmah Surabaya. Untuk itu penulis mengambil judul penelitian "Peran Multimedia Interaktif Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Pemuda Krian. Untuk memperoleh data-data penelitian ini menggunakan metode penggalian data berupa penyebaran angket, dokumentasi digunakan untuk data­ data seperti struktur organisasi sekolah, kurikulum, visi dan misi sekolah, jumlah guru, keadaan responden dll. Wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan kesulitan belajar siswa kepada guru PAI dan masalah pengembangan multimedia di SMA Al-Hikmah dan sejarah berdirinya SMA Al-Hikmah. Observasi meliputi observasi kelas (indoor) dan observasi di luar kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisa prosentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang berlawanan antara penerapan multimedia interaktif dengan kesulitan belajar, dengan maksud semakin maksimal penerapan multimedia interaktif maka semakin kecil keadaan kesulitan belajar siswa. Dengan demikian multimedia interaktif berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kata lain hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainiyah, Lilik--D01206240
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahjudin, Mahjudin--195112311982031165
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Multimedia Interaktif; kesulitan belajar; strategi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:55
Last Modified: 19 Dec 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36361

Actions (login required)

View Item View Item