Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Burneh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaamah, Zaamah (2019) Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT NU Jawa Timur cabang Burneh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaamah_G74215188.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu: 1). Apa saja faktor – faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah dan 2) Bagaimana penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Burneh. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi pembiayaan bermasalah adalah 1. Musibah 2. Karakter buruk nasabah/ anggota 3. Kemampuan nasabah/anggota. Upaya Penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT NU Cabang Burneh yang dilakukan pihak BMT melalui 3 tahapan. Tahapan pertama pendapingan secara intensif, terdapat 3 langkah dalam pendampingan 1). Komunikasi yang baik 2). Penagihan 3). Surat teguran 1 – 3. Tahapan kedua Restrukturisasi pembiayaan, terdapat 3 cara dalam restrukturisasi pembiayaan 1). Penjadwalan Kembali (Reschedulling) 2). Persyaratan Kembali (Reconditioning) 3). Penataan Kembali (Restrukturing). Tahapan terakhir adalah eksekusi jaminan (lelang barang jaminan).Sejalan dengan hasil penelitian di atas, peneliti dapat memberikan saran bahwasannya Pihak BMT NU Jawa Timur Cabang Burneh bisa lebih meningkatkan prinsip kehatia – hatian dalam melakukan pembiayaan terutama harus lebih selektif dalam menganalisis nasabah / anggota yang akan melakukan pembiayaan dan meningkatkan pendampingan dengan meningkatkan komunikasi dan silaturahmi terhadap nasabah/ anggota yang melakukan pembiayaan agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaamah, Zaamahzaamah36@gmail.comG74215188
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAthoi'illah, Ahmad YunanUNSPECIFIED198101052015031003
Subjects: Koperasi
Keywords: Pembiayaan Bermasalah; Reschedulling; Restrukturisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zaamah Zaamah
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:04
Last Modified: 06 Jan 2020 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36380

Actions (login required)

View Item View Item