Peranan Kh M. Mustaqim Dalam Mengembangkan Nahdlatul Ulama Di Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan Tahun 1992-2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Triwibowo, Afran Dicky (2019) Peranan Kh M. Mustaqim Dalam Mengembangkan Nahdlatul Ulama Di Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan Tahun 1992-2012. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afran Dicky Triwibowo_A92215062 W.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan KH. M. Mustaqim dalam Mengembangkan Nahdlatul Ulama Di Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan tahun 1992-2012”. Fokus Pembahasan dalam penelitian ini terangkum dalam rumusan masalah, yaitu; 1) Bagaimana Biografi K.H M. Mustaqim?, 2) Bagaimana kondisi NU sebelum tahun 1992? Dan 3) Apakah peran penting KH. M. Mustaqim dalam mengembangkan NU di Kecamatan Modo? Studi penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan sejarah diakronik dibantu dengan teori dari ilmu sosiologi. Adapun pendekatan sejarah diakronik yaitu untuk mengungkapkan asal mula suatu hal. Sedangkan teori yang digunakan ialah Teori Peranan dari Soerjono Soekanto. Peranan merupakan aspek dinamis yang dilaksanakan untuk memangku dan melaksanakan sesuai dengan kedudukannya. Teori tersebut digunakan untuk mengalisa peranan KH. M. Mustaqim dalam MWC NU Modo. Sedang untuk metode penelitian, penulis menggunakan 4 metode yaitu: Heuristik (Pengumpulan Data), Verifikasi (Kritik Data), Intepretasi (Penafsiran Data), Historiografi (Penulisan Sejarah).Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, sebagaimana berikut: (1) KH. M. Mustaqim dilahirkan di Modo, Lamongan pada 15 Maret 1965. Ia merupakan tokoh aktif Nahdlatul Ulama. Ia merupakan pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin, Ketua Tanfidziyah MWC NU 1992-2012, Wakil Katib PCNU Lamongan. Dan pernah menjabat dibeberapa organisasi dan lembaga lainnya. (2) MWC NU Modo telah terbentuk pada tahun 1951 dan mengalami pasang surut pergerakansampai tahun 1992. Dalam kurun waktu tersebut MWC NU Modo telah mengalami pergantian kepengurusan sebanyak 3 (tiga) kali. (3) Dalam kepemimpinan KH. M. Mustaqim berhasil mengembangkan NU dalam bidang: Gedung MWC NU Modo, Masjid NU al-Ikhsan, lembaga-lembagaga: MI Ma’arif NU, MTs. Ma’arif NU, MTs. Asrorus Syifa’, SMP NU, MA Ma’arif NU, MA Darul Ulum, SMA NU, dan SMK NU Mamba’ul Ulum, TPQ dan Pesantren al-Ikhsan, dan Klinik NU. Pencapaian tersebut belum pernah terjadi pada kepemimpinan sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Triwibowo, Afran Dickydickyliye@gmail.comA9215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam IbnuUNSPECIFIED196808062000031003
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Islam > Organisasi
Islam > Peradaban
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Triwibowo Afran Dicky
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:44
Last Modified: 31 Dec 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36387

Actions (login required)

View Item View Item