Pengaruh persepsi kemanfaatan, kemudahan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server dikalangan mahasiswa dalam perspektif Islam: studi kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awalina, Meliza (2019) Pengaruh persepsi kemanfaatan, kemudahan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server dikalangan mahasiswa dalam perspektif Islam: studi kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meliza Awalina_G94214149.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah persepsi kemanfaatan, kemudahan dan literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server dikalangan Mahasiswa dalam perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu dengan memperoleh data yang berbentuk angka, dengan jenis penelitian ekploratif. Penelitian eksploratif adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keterangan, wawasan, pengetahuan, ide, gagasan, dan pemahaman sebagai upaya untuk merumuskan dan mendefinisikan masalah, menyusun hipotesis. Penelitian eksploratif tidak mengkonfirmasi teori melainkan mengkombinasikan beberapa teori ke dalam satu model. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dan purposive sampling dengan rumus Slovin sehingga memperoleh jumlah sampel yang akan dijadikan sebagai responden dalam penelitian ini. Data utama didapat melalui penyebaran kuesioner secara langsung dengan jumlah responden yang ditentukan tabel penentuan model SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap minat sebesar 29%. (2) variabel persepsi kemudahan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan uang eletronik sebesar 13,7%. (3) variabel literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan uang elektronik sebesar 79%. dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah untuk menambah atau mengganti faktor-faktor pengaruh lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini, Sehingga dapat diketahui lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu dalam mengadopsi teknologi/produk baru. Serta objek penelitian ini selanjutnya bisa memperluas objek peneliti supaya mampu mempresentasikan masyarakat umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awalina, Melizaaw.meliza15@gmail.comG94214149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. AliUNSPECIFIED196212141993031002
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Awalina Meliza
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:43
Last Modified: 30 Dec 2019 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36391

Actions (login required)

View Item View Item