Epistemologi Kitab al Tafsir karya K.H. Ahmad Basyir AS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khair, Faishal (2019) Epistemologi Kitab al Tafsir karya K.H. Ahmad Basyir AS. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faishal Khair_F02517161.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu problem yang sangat penting untuk dikaji pertama kali dari sebuah ilmu adalah epistemologi, tidak terkecuali dalam ilmu keislaman khususnya ilmu tafsir. Geliat perkembangan tafsir di Indonesia pada era kontemporer ini semakin berkembang sehingga memunculkan beberapa karya tafsir baru di Indonesia, salah satunya adalah Kitāb al-Tafsīr karya Ahmad Basyir AS. Dalam karya tafsirnya ini, Ahmad Basyir AS menafsirkan beberapa ayat yang berkaitan dengan tema hukum, khususnya hukum waris, jināyah, pernikahan, dan makanan-minuman. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi Kitāb al-Tafsīr karya Ahmad Basyir AS dengan menggunakan pendekatan epistemologi dengan maksud mendeskripsikan biograpi penulis, latar belakang penulisan tafsir ini, dan mengetahui sumber rujukan, metode dan validitas penafsirannya. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data tentang seluk beluk penafsiran Ahmad Basyir AS dan disajikan secara deskriptif-analitis. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer berupa karya yang ditulis Ahmad Basyir AS, Kitāb al-Tafsīr, dan sumber data sekunder untuk melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis konten dengan metode desktiptif-analitis untuk mengetahui langkah-langkah metodis Ahmad Basyir AS. Pendekatan historis-filosofis digunakan untuk mengetahui latar belakang dan kondisi sosial masyarakat Ahmad Basyir AS hidup. Epistemologi sendiri digunakan untuk menggali sumber, metode, dan validitas penafsiran Ahmad Basyir AS dengan menggunakan teori koherensi. Sumber-sumber yang menjadi rujukan Ahmad Basyir AS beragam, dari al-Qur’an, hadis, pendapat sahabat dan tabiin, kaidah kebahasaan, dan pendapat ulama. Ditinjau dari cara penjelasan, tafsir ini masuk dalam kategori izdiwāj, karena memadukan antara riwayat dan ijtihad. Ditinjau dari keluasan penjelasan, tafsir ini menggunakan metode iṭnābīy, karena penjelasannya yang luas dan menyeluruh. Ditinjau dari sasaran dan tertib ayat, tafsir ini menggunakan metode mawḍū‘īy, karena menafsirkan ayat-ayat yang memiliki tema yang sama. Ditinjau dari corak atau alirannya, tafsir ini memiliki corak fiqhīy dan i‘tiqādīy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khair, Faishalfaishal.khair@gmail.comF02517161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMakinuddin, Makinuddin--2010116701
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Khair Faishal
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:42
Last Modified: 13 Feb 2020 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36395

Actions (login required)

View Item View Item