Perubahan pola seni tradisional di Jawa Timur: studi kasus Tayuban di Desa Purwosari Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahro, Ilmiyatus (2019) Perubahan pola seni tradisional di Jawa Timur: studi kasus Tayuban di Desa Purwosari Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmiyatus Syahro_A92216076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perubahan Pola Seni Tradisional Di Jawa Timur (Studi Kasus Tayuban Di Desa Purwosari Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun)” Skripsi ini memfokuskan kepada 1. Bagaimana Sejarah Tradisi Tayuban Masyarakat di Jawa Timur? 2. Bagaimana Pelaksanaan Acara Tradisi Tayuban Masyarakat di Desa Purwosari? 3. Bagaimana Makna Filosofi dan Pengaruh tradisi Tayuban? Adapun pedekatan dan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Sejarah dan Antropologi budaya, untuk teorinya menggunakan Clifford Geertz tentang interpretatif kebudayaan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode antropologi budaya dengan observasi lapangan dan wawancara yang dilakukan secara langsung, peneliti juga ikut serta dalam pelaksanaan tradisi tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keberadaan tradisi Tayub diketahui sejak zaman Hindu dan Budha, dilihat dari relif-relif yang terdapat di candi-candi yang berada di Jawa Tengah. Dalam Serat Centhini seni Tayub muncul pada abad ke 19. Tata cara pelaksanaan tradisi Tayuban ini di desa Purwosari masih sama seperti dulu, tapi untuk saat ini diadakan acara pembacaan yasin dan tahlil. Sementara perubahan yang signifikan terjadi pada nilai-nilai luhurnya yang bergeser dari waktu ke waktu yaitu dari nilai luhur hindu ke Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahro, Ilmiyatusmiyaqueenera@gmail.comA92216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, WasidUNSPECIFIED2005196
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Kesenian > Kesenian Islam
Tradisi Islam
Keywords: Seni; Tayuban; Madiun
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ilmiyatus Syahro
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:58
Last Modified: 30 Dec 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36427

Actions (login required)

View Item View Item