Metode dakwah bil hal Raudlatul Aulad pada anak usia dini di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absari, Ananda Salini Masita (2019) Metode dakwah bil hal Raudlatul Aulad pada anak usia dini di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Salini Masita Absari_B91216079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Raudlatul Aulad merupakan salah satu pondok pesantren yang khusus menangani anak usia dini di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Pondok Pesantren Raudlatul Aulad menerapkan dakwah metode bil-hal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana metode dakwah bil-hal yang diterapkan pada anak usia dini di Pondok Pesantren Raudlatul Aulad? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa dari para da’i dalam menerapkan bentuk-bentuk metode dakwah bil-hal pada anak usia dini di Pondok Pesantren Raudlatul Aulad. Subjek penelitian ini sebanyak 4 informan. Dalam penentuan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk metode dakwah bil-hal di Pondok Pesantren Raudlatul Aulad yaitu dengan keteladanan yang terbagi menjadi empat bagian, yakni keteladanan dalam gerakan sosial, keteladanan dalam cara beribadah, keteladanan dalam berbicara, dan keteladanan dalam ibadah mahdhah. Penelitian ini membahas fokus metode dakwah bil-hal Pondok Pesantren Raudlatul Aulad, oleh sebab itu peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian mengenai metode dakwah lainnya yang digunakan oleh pondok ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absari, Ananda Salini Masitaanandasalini@gmail.comB91216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, LukmanUNSPECIFIED197308212005011004
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Dakwah - Metode
Pendidikan > Anak
Keywords: Metode Dakwah Bil-hal; Anak Usia Dini; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ananda Salini Masita Absari
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:30
Last Modified: 30 Dec 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36430

Actions (login required)

View Item View Item