Strategi Endorsement Ustad Abdul Somad dalam mempromosikan program Umroh di An Nahl Travel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Wildan Balady (2019) Strategi Endorsement Ustad Abdul Somad dalam mempromosikan program Umroh di An Nahl Travel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Balady Aulia_B94215068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap perusahaan travel haji dan umroh perlu melakukan berbagai strategi untuk menarik minat konsumen atau calon jama’ah. Promosi menjadi salah satu strategi yang tepat dalam penyampaian komunikasi kepada konsumen atau calon jama’ah. Strategi yang tepat untuk mempromosikan produk yaitu dengan melakukan endorsement. Fenomena yang sedang berkembang adalah strategi celebrity endorsement. Salah satu perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah An Nahl Travel. Penelitian ini berjudul strategi endorsement Ustad Abdul Somad dalam mempromosikan program umroh di An Nahl Travel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa menggunakan Ustad Abdul Somad sebagai endorsement dan apa saja keuntungan dan kerugian yang diperoleh An Nahl Travel dalam melakukan endorsement dengan Ustad Abdul Somad. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan alasan An Nahl Travel menggunakan Ustad Abdul Somad sebagai endorser dan menggambarkan keuntungan dan kerugian yang diperoleh An Nahl Travel. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Dalam melaksanakan analisis data, teknik yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan adalah teori strategi endorsement yang dikemukakan oleh Kotler. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, alasan An Nahl Travel menggunakan Ustad Abdul Somad sebagai endorser karena sesuai dengan atribut endorser (Trusworthiness, Expertise, Respect). Keuntungan yang didapatkan An Nahl Travel adalah (Imaging Of Company Credibility, Ensured Attention, Higher Degrees of Recall, Associate Benefit, Psychographic Connect, dan Mass Appealing). Sedangkan kerugian yang didapatkan An Nahl Travel adalah (The Vampire Effect, Originalitas Publik Figur, dan Biaya Operasional Mahal).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Wildan BaladyBaladynese@gmail.comB94215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, AirlanggaUNSPECIFIED197912142011011005
Subjects: Promosi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aulia Wildan Balady
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:59
Last Modified: 30 Dec 2019 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36437

Actions (login required)

View Item View Item