Perjuangan KH. Mochammad Nawawi dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Sidoarjo tahun 1945-1946

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunitasari, Ana (2019) Perjuangan KH. Mochammad Nawawi dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Sidoarjo tahun 1945-1946. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Yunitasari_A92216113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perjuangan KH. Mochammad Nawawi dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Sidoarjo Tahun 1945-1946”. Adapun fokus pembahasannya yaitu: (1) Bagaimana Biografi KH. Mochammad Nawawi? (2) Bagaimana Peran KH. Mochammad Nawawi dalam Nadhatul Ulama dan Hizbullah? (3) Bagaimana Keterlibatan KH. Mochammad Nawawi dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Sidoarjo tahun 1945-1946? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik (pengumpulan Data), Verifikasi (kritik data) meliputi kritik ekstern dan intern, Interpretasi (penafsiran) dan Heuristik. Skripsi ini menggunakan pendekatan sosiologi yang berarti ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kepemimpinan kharismatik yang dikemukakan oleh Max Weber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) KH. Mochammad Nawawi lahir di Mojokerto pada tahun 1886 dari pasangan suami istri dari Munadi dan Chalimah. Beliau mendirikan lembaga pendidikan Islam di Mojokerto (2) KH. Mochammad Nawawi mendirikan Nahdlatul Ulama Cabang Mojokerto dan menjabat sebagai Wakil Rois dan berdirinya Hizbullah di Mojokerto. (3) Keterlibatan KH. Mochammad Nawawi dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia begitu besar, ketika terjadinya pertempuran di Sidoarjo beliau terlibat langsung untuk bertempur. KH. Mochammad beliau mendapatkan tanda penghargaan “Pemancangan Bambu Runcing Dipusarnya” dari Dewan Harian Daerah Angkatan 45 Provinsi Jawa Timur , gelar “mati syahid” dinisannya, dan nama beliau dijadikan sebagai nama jalan di Mojokerto yang diberikan oleh pemerintah Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunitasari, Anaanayunita341@gmail.comA92216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz Medan, AbdulUNSPECIFIED1975509041985031001
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Mochammad Nawawi; Perjuangan; Mempertahankan Kemerdekaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ana Yunitasari
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:04
Last Modified: 30 Dec 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item View Item