Dakwah untuk anak berkebutuhan khusus (kajian metode dakwah Ustadzah Rina kepada anak bisu tuli di SLB Dharmawanita Lebo Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Siti Aisyatul (2019) Dakwah untuk anak berkebutuhan khusus (kajian metode dakwah Ustadzah Rina kepada anak bisu tuli di SLB Dharmawanita Lebo Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SITI AISYATUL ADAWIYAH_B01216039.pdf

Download (13MB)

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian ini yaitu bagaimana metode dakwah Ustadzah Rina kepada anak bisu tuli di SLB Dharma Wanita Lebo Sidoarjo 2019? Rumusan masalah tersebut diidentifikasi oleh peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah metode dakwah Ustadzah Rina dalam menyampaikan dakwah kepada tunarungu dan tunawicara adalah metode bil hal dengan teknik evaluasi terhadap kehidupan sehari-sehari yang peneliti beri nama Life Experience Debate. Ini merupakan hal baru yang belum peneliti temukan digunakan oleh da’i, terutama dengan menghadapi mad’u yang memiliki hambatan pendengaran (tunarungu). Ustadzah Rina dengan melalui media buku daily activity, yang peneliti namakan dengan teknik Life Experience Debate mencoba memberikan pemahaman pesan dakwah kepada tunarungu dengan keterbatasan yang mereka miliki. Belajar dari pengalaman sebelumnya sehingga mereka dapat merubah perilaku yang tidak baik menjadi lebih baik.

Kata Kunci: Metode Dakwah, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Bisu Tuli

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Siti Aisyatulaisyatuladawiyah16@gmail.comB01216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd-196607042003021001
Subjects: Cacat - Tunarungu
Dakwah > Dakwah - Metode
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Aisyatul Adawiyah
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:26
Last Modified: 31 Dec 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36456

Actions (login required)

View Item View Item