Pesan Dakwah lirik lagu "Hasbunallah" Band Ungu: analisis Semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Madja, Nur Mahmudah (2019) Pesan Dakwah lirik lagu "Hasbunallah" Band Ungu: analisis Semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mahmudah El Madja_ B91216070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu Hasbunallah Band Ungu berdasarkan teori analisis semiotik Roland Barthes dan apa karakteristik pesan dakwah lirik lagu Hasbunallah Band Ungu. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif non kancah. Jenis penelitian yang digunakan yakni analisis semiotik. Sedang teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes. Pesan dakwah dari lirik lagu “Hasbunallah” Band Ungu adalah terlihat dimana manusia harus beprasangka baik kepada Allah SWT. Dengan tetap bertawakal Kepada-Nya. Adapun karakteristik pesan dakwah lirik lagu “Hasbunallah Band Ungu” yakni, fenomena dalam lirik lagu tersebut berkaitan dengan ayat-ayat Al Qur’an.Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yaitu lebih mengembangkan penelitian ini dengan mengambil dari sisi lainnya. Misalnya dengan menganalisis menggunakan teori yang berbeda dari teori Roland Barthes. Karena berbedanya teori dalam suatu analisis maka akan berbeda pula simpulan yang dihasilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Madja, Nur Mahmudahelmadjanurmahmudah@gmail.comB91216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, FahrurUNSPECIFIED196906122006041018
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Religi; Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Mahmudah El Madja
Date Deposited: 02 Jan 2020 01:52
Last Modified: 02 Jan 2020 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36485

Actions (login required)

View Item View Item