Konseling Islam dengan Teknik Biblioterapi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Seorang Anak Disleksia di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meidiyanti, Ulin Nuha (2019) Konseling Islam dengan Teknik Biblioterapi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Seorang Anak Disleksia di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulin Nuha Meidiyanti_B03216041.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah 1. Bagaimana proses konseling Islam dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan kepercayaan diri seorang anak disleksia di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo?, 2. Bagaimana hasil proses konseling Islam dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan kepercayaan diri seorang anak disleksia di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptifkomperatif. Dalam melaksanakan teknik biblioterapi terdapat 5 langkah yaitu pemberian motivasi, memberikan waktu yang cukup untuk membaca atau melihat video, inkubasi, dan evaluasi. Sedangkan buku dan video yang digunakan dalam proses terapi yaitu buku berjudul “Jangan Malu Tampil di Depan Umum” sekaligus video berjudul “Nussa Special: Nussa Bisa” dan “Ali dan Annisa: Aku Jadi Mandiri”.Hasil dari konseling Islam dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan kepercayaan diri seorang anak disleksia di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dapat dikatakan cukup berhasil, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan dalam perilaku konseli yang mencerminkan sikap percaya diri yaitu tidak lagi membanding-bandingkan dirinya dengan anak-anak normal seusianya, mampu berbicara didepan umum, dan menjadi anak yang mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meidiyanti, Ulin Nuhaulinnuham123@gmail.comB03216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif AinurUNSPECIFIED197708082007101004
Subjects: Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Kata Kunci : Konseling Islam, Teknik Biblioterapi, Kepercayaan Diri, Disleksia.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ulin Nuha Meidiyanti
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:44
Last Modified: 31 Dec 2019 01:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36495

Actions (login required)

View Item View Item