Konseling Islam Melalui Integrasi Doa kedalam Teknik Disensitisasi Sistematis untuk Menurunkan Kecemasan pada Penderita Phobia Pengamen di Wonocolo Gang VIII Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lusiana, Seli (2019) Konseling Islam Melalui Integrasi Doa kedalam Teknik Disensitisasi Sistematis untuk Menurunkan Kecemasan pada Penderita Phobia Pengamen di Wonocolo Gang VIII Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SELI LUSIANA_B93216096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam pemelitian skripsi ini yakni: Bagaimana Proses dan Hasil Konseling Islam Melalui Integrasi Doa kedalam Teknik Disensitisasi Distematis untuk Menurunkan Kecemasan pada Penderita Phobia Pengamen di Wonocolo Gang VIII Surabaya?
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisa dengan teknik analisis deskriptif komperatif. yaitu perbandingan teori dan praktik di lapangan dan juga perbandingan kondisi konseli sebelum dan sesudah melakukan konseling.
Dalam penelitian ini pendekatan treatment dilakukan untuk memperbaiki pola tingkah lakunya dengan melakukan integrasi doa dengan teknik disensitisasi sistematis untuk menurunkan kecemasan atau ketakutan saat melihat atau bertemu dengan pengamen.
Hasilnya, dari beberapa tahapan konseling Islam melalui integrasi doa dengan teknik disensitisasi sistematis yang yakni konseli mengalami perkembangan yang cukup berhasil. Artinya konseli mampu merelaksasi dirinya saat mengalami kecemasan saat bertemu dengan pengamen dan mampu mengintegrasikannya dengan doa-doa yang telah diberikan oleh konselor. Konseli sudah sedikit mampu untuk mengontrol ketakutannya dan dapat dilihat dari hasil sebelum dan sesudah diberikan treatment.
Saran peneliti: (1) Pelaksanaan konseling dengan menggunakan integrasi doa dengan teknik disensitisasi sistematis untuk menurunkan kecemasan pada penderita phobia alangkah baiknya untuk tetap dipertahankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lusiana, Seliselilusiana07@gmail.comB93216096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
ClientNila, Amalia Nabila--
Thesis advisorThohir, Mohammad-197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Integrasi Doa; Teknik Disensitisasi Sistematis; Phobia Pengamen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Seli Lusiana
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:55
Last Modified: 31 Dec 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36498

Actions (login required)

View Item View Item