Implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Khoirul (2019) Implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Anam_D03215014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Surabaya. Hal tersebut bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah negeri 2 surabaya dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di MTs Negeri 2 surabaya, prestasi belajar siswa di MTs Negeri 2 Surabaya dan implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 2 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) manajemen peserta didik di MTs Negeri 2 ini memiliki manajemen yang mulai dari kegiatan awal masuk peserta didik tersebut melakukan penyaringan terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap tes. Penyaringan ini dilalukan untuk memilah peserta didik yang berprestasi dan yang tidak. Hal tersebut bertujuan untuk menilai dan melihat potensi-potensi yang dimilki oleh siswa. (2) prestasi belajar siswa di MTs Negeri 2 adalah sebuah hasil yang diperoleh oleh seseorang dengan hasil usahanya, baik itu dari bidang akademik maupun non akademik. Dan di setiap tahunnya selalu meningkat. Program yang dilakukan yaitu dengan melakukan dua kali penilaian dalam satu semester. (3) implementasi manajemen peserta didik di MtsNegeri 2 yaitu dengan mengadakan penyaringan sejak awal sebelum masuk ke tahap tes yang bertujuan untuk melihat dan menilai siswa yang berprestasi dan yang tidak. Yang berprestasi di bidang akademik di lihat dari rapot, sedangkan yang non akademik harus melapirkan sertifikat kejuaraannya; merancang program-program yang berbasis religi; mewajibkan ekstrakurikuler pramuka; memberikan pelayanan yang maksimal; melakukan kerjasama dengan lembaga lain; melakukan promosi atau publikasi dengan majalah karya siswa siswi. Semua usaha yang dilakukan tersebut untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dan untuk mencapai visi misi sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Khoirulanamk1496@gmail.comD03215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, --196805051994032001
Thesis advisorSholihah, Ni'matus-197308022009012003
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khoirul anam Wasiah
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:08
Last Modified: 07 Jan 2020 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36505

Actions (login required)

View Item View Item