(معنى كلمة القيامة والساعة في القرآن الكريم (دراسة دلالية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puji Mastutik, Nur Aini (2019) (معنى كلمة القيامة والساعة في القرآن الكريم (دراسة دلالية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Puji Mastutik_A91216142.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persoalan makna adalah persoalan yang sangat menarik sekali dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya di dalam Al-Qur’an banyak sekali ditemukan ayat-ayat yang berdekatan maknanya akan tetapi berbeda dalam redaksinya, hal ini tentunya memiliki maksud dan penerapan yang berbeda pula. Maka dari ini peneliti menulis skripsi ini dengan judul “Makna Kata Al-Qiyamah dan As-Sa’ah dalam Al-Qur’an (Teori Semantik)”. Peneliti ingin mengupas dua kata yang mempunyai persamaan makna akan tetapi penggunaannya berbeda dengan berdasarkan dua rumusan masalah bagaimana makna kata keduanya, dalam surat dan ayat berapa kata tersebut digunakan, serta bagaimana penggunaan dua kata tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori semantik atau ilmu dalalah. Pendekatan ini mengkaji tentang kata Al-Qiyamah dan As-Sa’ah dengan merujuk kepada beberapa sejumlah kitab untuk bisa mengetahui makna Asasi pada dua kata tersebut, dan menggunakan tafsir Al-Qur’an untuk mengetahui makna dari segi siyaq kalamnya atau konteks bahasanya. Dari analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh data, bahwa: kata Al-Qiyamah disebutkan di dalam Al-Qur’an sebanyak 70 kali sedangkan kata As-Sa’ah disebutkan 35 kali. Makna keduanya sama, yaitu sama-sama mempunyai makna hari kiamat. akan tetapi, konsep dari dua kata tersebut berbeda, yang disebut Syibhu At-Taraduf dalam Ilmu Semantik. Konsep kata Al-Qiyamah adalah hari dibangitkannya makhluk untuk dihitung amal nya dan menerima balasan dari perbuatan yang sudah ia lakukan, karena kata Al-Qiyamah selalu disandarkan pada penjelasan hari-hari pembalasan kelak diakhirat (يوم البعث، الجزاء، الوعد). Sedangkan kata As-Sa’ah selalu beriringan dengan kata (بغتة، آتية، أتتكم، تقوم، قائمة، أقرب، قريبا، إقترب، موعد، وعد الله، علم الساعة) yang berarti bahwa As-Sa’ah itu mempunyai sifat ketiba-tibaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puji Mastutik, Nur Aininurainifujimas@gmail.comA91216142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDMufid, NurUNSPECIFIED196406201991031002
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Makna Kalimat Al-Qiyamah dan As-Sa'ah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Aini Puji Mastutik
Date Deposited: 31 Dec 2019 03:31
Last Modified: 31 Dec 2019 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36512

Actions (login required)

View Item View Item