Penyelesaian kontradiksi hadis tentang Niqab perspektif Yusuf al Qardaw: studi mukhtalif al hadith riwayat al Tirmidhi nomor indeks 1173 dan 833

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhruddin, Muhammad Anas (2019) Penyelesaian kontradiksi hadis tentang Niqab perspektif Yusuf al Qardaw: studi mukhtalif al hadith riwayat al Tirmidhi nomor indeks 1173 dan 833. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Muhammad Anas Fakhruddin_E05216016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada rumusan masalah yang pertama, Bagaimana kualitas hadis riwayat al-Tirmidhi nomor indeks 1173 dan 833. Kedua ialah bagaimana pemahaman Yusuf al-Qardawi terhadap ikhtilaf Hadis tentang Niqab. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah untuk menguji kualitas kedua hadis tentang Niqab dan mengetahui cara penyelesaian ikhtilaf yang ditempuh oleh al-Qardawi terhadap dua hadis tersebut. Dalam proses analisanya, penelitian ini bersifat library research (kepustakaan) dan menggunakan metode deskriptif yakni dengan pengumpulan data yang kemudian dianalisa. Adapun pada tahap analisa, penelitian ini juga menggunakan teknik komparatif dalam rangka membandingkan beberapa hal yang menjadi objek penelitan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka merespon adanya pro dan kontra terhadap fenomena pemakaian niqab di kalangan muslimah. Sebagian menganggap bahwa pemakaian niqab merupakan sebuah keniscayaan. Namun, sebagian lain menganggap jika pemakaian bukan merupakan perintah syari’at Islam bahkan itu merupakan perbuatan bid’ah. Adapun hasil dan kesimpulan dari penelitian ini ialah dalam menyikapi kontradiksi antar hadis yang menjadi objek kajian, al-Qarḍwi berpendapat bahwa ikhtilaf hadis tersebut bisa dikompromikan dan al-Qardawi mengambil metode mutlaq-muqayyad sehingga berimplikasi pada hukum pemakaian niqab yang bersifat mubah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhruddin, Muhammad Anasanasdotfakhruddin@gmail.comE05216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzammil, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id196907132000032001
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIED196207051993031003
Subjects: Jilbab
Pakaian dan Perhiasan
Hadis
Keywords: Mukhtalif Hadith; Niqab; Yusuf al Qardawi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Anas Fakhruddin
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:28
Last Modified: 02 Jan 2020 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36525

Actions (login required)

View Item View Item