Historiografi kisah gharaniq: studi kehujjahan hadis dalam kitab Musnad al-Bazzar nomer indeks 5096

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimullah, Karimullah (2019) Historiografi kisah gharaniq: studi kehujjahan hadis dalam kitab Musnad al-Bazzar nomer indeks 5096. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karimullah_E95216063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Gharaniq adalah sebutan bagi tuhan-tuhan kaum Musrik di Arab, yaitu Al-Lata, Manat dan ‘Uzza. Dan Rasulullah SAW pernah memuji tuhan-tuhan kaum Musyrik Arab di sela-sela pembacaan Surah al-Najm ayat 19-20. Polemik adanya hadis gharaniq sangat kentara di antara ulama, bahkan sebagian ulama berpendapat hadis gharaniq sulit untuk diterima sebagai realita dalam proses penympaian wahyu yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berbeda dengan ulama yang mendukung dan menerima hadis gharaniq sesuai dengan teori keilmuan hadis dan dengan berbagai macam takwilnya pada aspek pemahaman. Dengan demikian penulis berusaha menggali hadis ghararaq dari sisi kehujjahannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif, dan sumber datanya berasal dari pustaka (library recsearch) mengenai hadis gharaniq yang fokus pada penelurusan dan penkajian hadis Nabi SAW. Dan fokus penelitiannya tentang bagaimana kualitas, kehujjahan dan historiografi kisah gharaniq menurut hadis Musnad al-Bazzar nomer indeks 5096. Sehingga data yang dikumpulkan menggunakan metode takhrij, i’tibar, kritik sanad dan matan serta teori historigrafi. Penelitian ini memdapatkan kesimpulan akhir bahwa hadis gharaniq termasuk hadis mardud (ditolak), tidak dapat dijadikan hujjah sebab hadisnya termasuk hadis shadh dan merupakan hadis fard al-mut}laq, dari berbandingan hasil takhrij dan hadis yang setema, matannya saling bertentangan satu dengan yang lainnya. Dengan melihat sejarah, hadis gharaniq tidak benar-benar terjadi dalam peristiwa pewahyuan, diperkuat dengan hadis sahih lain yang tidak menyebutkan peristiwa tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimullah, Karimullahibnumuhyah@gmail.comE95216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
ContestantHasan, Muzayyanah MutasimUNSPECIFIED195812311997032001
ConsultantUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Ibadah
Sejarah Peradaban Islam
Hadis
Keywords: gharaniq; kehujjahan; historiografi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Karimullah al-Abba
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:46
Last Modified: 02 Jan 2020 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36526

Actions (login required)

View Item View Item