Pengembangan Media Gapeto Berbasis Godot Engine sebagai alat evaluasi pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Puri (2019) Pengembangan Media Gapeto Berbasis Godot Engine sebagai alat evaluasi pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puri Rahayu_D74214041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan Gapeto sebagai alat evaluasi pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan godot engine berbasis android. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) kevalidan media Gapeto sebagai alat evaluasi, 2) kepraktisan media Gapeto sebagai alat evaluasi, dan 3) keefektifan media Gapeto. Gapeto dikembangkan menggunakan model pengembangan waterfall yang memiliki lima tahapan yang terdiri dari requirement analysis, design, coding, testing, dan maintenance. Gapeto di uji cobakan pada 9 siswa kelas IX SMP Buana Waru. Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrumen-instrumen yang berupa field note, lembar validasi, angket respon siswa dan tes berupa soal evaluasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa Kevalidan Gapeto berdasarkan penilaian hasil para ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 4,3 dalam kategori “sangat valid”, ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 3,2 dalam kategori “valid”, ahli pengguna mendapatkan rata-rata sebesar 3,5 dalam kategori “valid”. Hasil kepraktisan Gapeto secara teori mendapatkan rata-rata kualitataif B dalam kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi, sedangkan hasil secara praktik mendapat respon positif dari siswa dengan presentase 81,9 %. Gapeto berdasarkan hasil penelitian dikatakan “efektif” dengan rata-rata ketuntasan siswa sebesar 88,89%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Puripurirahayu855@gmail.comD74214041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIED2011118102
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED2028098401
Subjects: Pendidikan
Keywords: Gapeto; Godot Engine; Alat Evaluasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Puri Rahayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:30
Last Modified: 07 Jan 2020 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36545

Actions (login required)

View Item View Item