Kritik terhadap pemikiran Irshad Manji dan Olfa Youssef tentang ayat-ayat Homoseksual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurma, Mashafizhah Choirunnisa (2019) Kritik terhadap pemikiran Irshad Manji dan Olfa Youssef tentang ayat-ayat Homoseksual. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mashafizhah Choirunnisa Nurma_E03215022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dampak globalisasi menyebabkan dekadensi moral serta merubah pola pikir masyarakat salah satunya perkawinan sesama jenis. Ada yang beranggapan bahwa homoseksual bukan bagian dari penyakit mental dan adapula homoseksual diperbolehkan dengan dasar Hak Asasi Manusia. Namun, banyaknya dalil yang membahas terlaknatnya homoseksual inilah yang menyebabkan ulama sepakat mengharamkannya bahwa homoseks jelas berdosa dan tidak dibenarkan dalam keadaan apapun. Bermula dari persoalan inilah penelitian dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan landasan pemikiran tentang homoseksual khususnya pemikiran Irshad Manji dan Olfa Youssef dalam menafsirkan ayat-ayat homoseksual. Teori analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data-data yang diperlukan bersumber dari library research yang mana dikumpulkan berbagai sumber referensi atau rujukan melalui kajian keputakaan baik berupa buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lain. Hasil penelitian ini adalah Irshad Manji dan Olfa Youssef memandang bahwa ayat yang dijadikan sebagai dasar pengharaman homoseksual, bagi keduanya bukanlah khusus homoseksual seperti yang terjadi di masa kini melainkan homoseksual dengan kasus pemerkosaan. Pemikiran ini oleh keduanya didasarkan pada penafsiran Tabari dan ar-Razi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurma, Mashafizhah Choirunnisahafizhah.academic@gmail.comE03215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id196907132000032001
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsa.ac.id199003042015031004
Subjects: Pemikiran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Hak Asasi Manusia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: MASHAFIZHA CHOIRUNNISA NURMA
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:38
Last Modified: 02 Jan 2020 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36557

Actions (login required)

View Item View Item