ANALISIS SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2015 MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XII IPA SMAN 1 GEDANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Nenni (2015) ANALISIS SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2015 MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XII IPA SMAN 1 GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Evaluasi adalah suatu proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan. Pengembangan suatu instrumen dilakukan dengan analisis butir soal. Tujuan analisis butir soal adalah mengidentifikasi bagaimana soal tersebut dikatakan baik, kurang baik maupun jelek. Pada kenyataan dilapangan, analisis butir soal jarang sekali dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) validitas isi soal Ujian Sekolah, (2) tingkat proses kognitif pada soal Ujian Sekolah mengacu pada Taksonomi Bloom Revisi dan (3) kualitas soal Ujian Sekolah berdasarkan analisis kuantitatif.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data adalah dokumen soal Ujian Sekolah tahun 2015 mata pelajaran matematika kelas XII IPA SMAN 1 Gedangan dan lembar jawaban peserta didik serta kisi-kisi soal Ujian Sekolah. Analsis soal secara kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi dan bahasa serta tingkat proses kognitif soal Ujian Sekolah mengacu pada Taksonomi Bloom Revisi. Analisis secara kuantitatif meliputi analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data empiris dianalisis menggunakan progam TAP (versi 6.65).
Hasil analisis didapatkan bahwa soal Ujian Sekolah Sekolah tahun 2015 kelas XII IPA SMAN 1 Gedangan memiliki validitas isi yang valid. Sebesar 85% telah sesuai dengan aspek telaah materi, konstruksi dan bahasa. Sebesar 15% belum sesuai aspek telaah soal sehingga perlu perbaikan. Tingkat proses kognitif soal Ujian Sekolah: C1 (0%), C2 (15%), C3 (80%), C4 (5%), C5 (0%) dan C6 (0%). Kualitas soal Ujian Sekolah kelas XII IPA SMAN 1 Gedangan secara kuantitatif meliputi: validitasnya yaitu 55% soal valid dan 45% tidak valid; reliabilitasnya sebesar 0,589 dengan kriteria korelasi cukup erat; sebesar 7,5% tingkat kesukaran soal sedang dan 92,5% tingkat kesukaran soal mudah; sebesar 7,5% daya pembeda dinyatakan sangat memuaskan, sebesar 17,5% daya pembeda dinyatakan memuaskan, sebesar 22,5% daya pembeda dinyatakan tidak memuaskan sehingga harus direvisi, dan sebesar 52,5% daya pembeda dinyatakan sangat tidak memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suparto
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, NenniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kualitas Tes; Analisis Soal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 02:47
Last Modified: 20 Jan 2016 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item