Telaah Tafsir Ma Asabak Karya Ahmad bin Asmuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifuddin, Ahmad (2019) Telaah Tafsir Ma Asabak Karya Ahmad bin Asmuni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Syaifuddin_E93215086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebuah karya tafsir adalah hasil daripada sebuah proses memahami pesan-pesan yang terkandung dalam Alquran. Sebuah karya tafsir yang ditulis tidak lepas daripada proses pembentukannya, keadaan sosial di sekitarnya, pemikiran mufasirnya, serta metode yang digunakan dalam menafsirkannya. Bahkan seorang mufasir memiliki wewenang mengarahkan hasil karyanya sesuai kecondongan yang diinginkannya. Sebagaimana Tafsir Ma Asabak yang di tulis oleh Ahmad bin Asmuni pengasuh Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Petuk, Semen Kediri. Tafsir yang berusaha merespon keadaan liberalisasi yang ada di masyarakat pada tahun 1414 H. oleh karena itu, penelitian ini diorientasikan pada dua permasalahan terkait sumber penafsiran dan corak penafsiran yang digunakan oleh Ahmad bin Asmuni dalam menafsirkan satu ayat yaitu surah An Nisa ayat 79. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diambil dari kepustakaan (library research) dan wawancara untuk mengungkap sumber dan corak penafsiran yang digunakan oleh Ahmad bin Asmuni dalam Tafsir Ma Asabak. Metode ini dikaji menggunakan pendekatan deskritif-analitis dalam kajian tafsir. Sebagaimana metode pendekatan merupakan sebuah pola fikir (al-Ittijah al-Fikri) yang digunakan untuk membahas suatu permasalahan dalam sebuah karya tafsir. Hasil dari penelitian ini dapat dsimpulkan bahwa sumber penafsiran yang digunakan Ahmad bin Asmuni dalam Tafsirnya ialah mengunakan sumber bil Ma’tsur dan corak penafsiran yang digunakan adalah corak Fikih yang lebih kepada mazhab Syafi’i Aliran Sunni Ahlussunnah wal Jamaah karena lebih banyak mengambil penafsiran al Razi dalam tafsirnya Mafatih al-Ghaib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifuddin, AhmadSyaifuddinahmad007@gmail.comE93215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, MuhammadUNSPECIFIED1956101001986031005
Thesis advisorPurwanto, PurwantoUNSPECIFIED197804172009011009
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir Ma Asabak, Corak, Sumber Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Syaifuddin Ahmad Syaifuddin
Date Deposited: 31 Dec 2019 03:04
Last Modified: 31 Dec 2019 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36588

Actions (login required)

View Item View Item