النعت وأغراضه في سورة الواقعة ( دراسة نحوية )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daroini, saidatud (2019) النعت وأغراضه في سورة الواقعة ( دراسة نحوية ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saidatud Daroini A91216149.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang na’at dan kegunaannya dalam surat al-waqi’ah, adapun kajian yang digunakan didalamnya adalah kajian ilmu nahwu. Ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari perubahan harakat pada akhir kalimat. Dalam ilmu nahwu terdapat kaidah tentang na’at. Adapun pengertian dari na’at adalah lafadz yang terdapat sesudah isim yang menjelaskan sebagian dari tingkah-tingkahnya isim tersebut, atau menjelaskan lafadz yang berhubungan dengan isim tersebut. Pada penelitian ini, penulis juga memilih surat al-waqi’ah sebagai objek penelitian dikarenakan surat al-waqi’ah yang terdiri dari 96 ayat tersebut termasuk deretan dari surat-surat yang penting dalam al-qur’an yang dipercaya memiliki banyak faidah bagi yang membacanya dan terdapat banyak cerita-cerita penting yang bisa diambil menjadi sebuah pelajaran dan motivasi diri agar menjalani kehidupan didunia yang fana ini dengan cara yang lebih baik.Metode yang digunakan peneliti dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena data-data yang peneliti kumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Sumber data yang diperoleh digunakan dalam skripsi ini adalah al-qur’an beserta tafsirnya serta buku-buku yang berhubungan dengan judul ini. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan 42 ayat dalam surat al-waqi’ah yang mengandung na’at. Adapun tujuan-tujuan na’at yang terkumpul dalam surat ini ada 5 macam, yaitu: pengkhususan, penjelasan, pujian, celaan, dan pengokohan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daroini, saidatudsaidatuddaroini911@gmail.comA91216149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id196307291998031001
Subjects: Al Qur'an
Linguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: saidatud saidatud daroini
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:35
Last Modified: 31 Dec 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36591

Actions (login required)

View Item View Item