Komunikasi Dalam Pemberdayaan Kelompok Difabel (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Wistara Indonesia)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'diyah, Siti Khalimatus (2019) Komunikasi Dalam Pemberdayaan Kelompok Difabel (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Wistara Indonesia). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khalimatus Sya'diyah_B76216109.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM Wistara Indonesia pada dasarnya sama seperti pada usaha yang lain, namun yang membedakan yakni karyawan yang dipekerjakan adalah kelompok difabel. Sehingga peneliti mengambil rumusan masalah yakni (1) Bagaimana komunikasi dalam pemberdayaan kelompok Difabel pada UMKM Batik Wistara Indonesia? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam komunikasi dalam pemberdayaan kelompok difabel pada UMKM Batik Wistara Indonesia?. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan secara detail dari rumusan masalah.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik analisis data yang meliputi: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penyimpulan. Oleh karena itu, dapat peneliti uraikan secara urut yakni: karyawan difabel mengirim pesan (berupa simbol baik dengan bahasa isyarat, gerak bibir maupun gerak tubuh), selanjutnya pemilik dan pengelola menerima pesan sebisa mereka pahami, lalu pesan dikirim kembali, kemudian karyawan difabel menerimanya. Dan begitu seterusnya hingga kedua belah pihak akhirnya sepakat dan pesanan yang diterima sesuai. Faktor pendukung meliputi; (1) saling menghargai dan memahami dan (2) memiliki cara sendiri dalam berkomunikasi. Faktor penghambat meliputi; (1) perbedaan bahasa dan (2) kedua belah pihak salah paham dalam mengartikan pesan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'diyah, Siti Khalimatussikhalisya25@gmail.comB76216109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorSalisah, Nikmah HadiatiUNSPECIFIED197301141999032004
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Pemberdayaan, Kelompok Difabel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Siti khalimatus Sya'diyah
Date Deposited: 31 Dec 2019 04:12
Last Modified: 31 Dec 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36604

Actions (login required)

View Item View Item