العناصر الداخلية في قصة قصيرة قلب امرأة لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haikal, Muhammad Ichsan (2019) العناصر الداخلية في قصة قصيرة قلب امرأة لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
muhammad ichsan haikal_A01216037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Unsur-Unsur Intrinsik Dalam Cerita Pendek “Qalbu Imroah” Karya Najib Al-Kailani
Najib Al-Kailani memilliki nama lengkap Najib Ibrahim bin Abdul Latif Al-Kailani, ia merupakan seorang sastrawan dan juga dokter yang berasal dari Syarsabah sebuah desa kecil di Arab. namun ia lebih dikenal sebagai sastrawan daripada profesinya sebagai dokter. Najib Al-Kailani dilahirkan di Syarsabah pada 10 Juli 1931.Sebagai sastrawan Najib Al-Kailani telah menulis berbagai karya sastra seperti novel, syi’ir dan cerita pendek.Salah satu karyanya yang terkenal yaitu cerita pendek yang berjudul “Qolbu Imroah”.Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita pendek “Qobu Imroah” karya Najib Al-Kailani yang meliputi tema, tokoh penokohan, alur, latar atau setting, uslub atau gaya bahasa dan amanat.
Dalam penelitian ini , peneliti menggunakan metode deskriptf kualitatif yang hasilnya berupa kata-kata tertulis dari objek yang diamati. Adapun data yang diperoleh dan digunakan dalam penellitian ini yaitu berupa teks cerita pendek “Qolbu Imroah”. Data tersebut diperoleh dengan penelitian kepustakaan yag terkait dengan teori unsur-unsur intrinsik dan cerita pendek “Qobu Imroah” karya Najib Al-Kailani. Setelah peneliti melakukan analisis peneliti menghasilkan penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah.
Hasil dari penelitian ini adalah analisis dari unsur-unsur Intrinsik Dalam Cerita Pendek “Qalbu Imroah” Karya Najib Al-Kailani.Cerita pendek ini bertemakan kesabaran, keteguhan dan kesetiaan dalam kehidupan rumah tangga. Adapun tokoh utama dalam cerita pendek ini yaitu : Laila dan Salim sedangkan tokoh pembantu dalam cerita pendek ini adalah seorang dokter yang tidak disebut namanya. Alur yang terdapat dalam cerita pendek ini adalah alur maju. Dan latar tempat yang terdapat dalam cerita pendek ini yaitu : rumah, dapur dan rumah sakit / tempat dokter sedangan latar waktu yang terdapat dalam cerita pendek ini yaitu : sore hari, pagi hari dan dua mingu setelah kepulangan Salim. Kemudian, gaya bahasa yang digunakan dalm cerita pendek ini adalah :Kalam Khabari, Kalam Insyai, Majaz dan Tasybih. Dalam cerita pendek ini terdapat beberapa amanah seperti kita harus sabar dalam segala keadaan, kita harus selalu tawakkal kepada ALLAH, tidak boleh menjadi orang yang sombong dan pemarah serta dalam kehidupan rumah tangga kita harus terbuka, setia dan percaya terhadap satu sama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haikal, Muhammad Ichsanhaikal.ikhsan2@gmail.comA01216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, FathurUNSPECIFIED196901251994031005
Subjects: Sastra
Keywords: Unsur-unsur Intrinsik; Hati Perempuan; Najib Kaylani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Ichsan Haikal Haikal
Date Deposited: 31 Dec 2019 04:54
Last Modified: 31 Dec 2019 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36609

Actions (login required)

View Item View Item