وضع المقابل العربي لمصطلحات الثقافة الإندونيسية دراسة تحليلية في موقع إندونيسيا اليوم :

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulum, Muhammad Bachrul (2019) وضع المقابل العربي لمصطلحات الثقافة الإندونيسية دراسة تحليلية في موقع إندونيسيا اليوم :. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Bachrul Ulum_A91216138.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupas langkah – langkah para jurnalis website Indonesiaalyoum.com dalam menetapkan istilah – istilah bahasa Arab tentang kebudayaan Indonesia. Indonesiaalyoum.com merupakan satu - satunya situs berita daring asal Indonesia yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam penulisan berita, salah satu tujuannya adalah mempromosikan dan memperkenalkan kondisi terkini bangsa Indonesia kepada bangsa Arab. Namun, yang jadi problem adalah banyaknya istilah – istilah bertajuk kebudayaan Indonesia yang akan mempersulit bangsa Arab dalam memahami berita – berita tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Deskriptif – Kualitatif, adapun sumber datanya diambil secara pustaka (Library Research Method) melalui sampel berita kebudayaan di website Indonesiaalyoum.com bulan Januari – Agustus 2019, Yang dianalisis menggunakan teori – teori terkait. Berdasarkan temuan yang didapatkan peneliti, dalam bahasa Arab ada 3 metode pembentukan istilah. Metode At-Tarjamah (Terjemah), yakni Proses pencarian padanan kata bahasa Arab dari bahasa asing, adakalanya penerjemahan dilakukan secara Harfiyah (Kata per kata), Siyaqiyah (Kontekstual), Sawabiq wa Lawahiq (Unsur Sufiks), atau Mukthasarat (Abrevasi). Metode At-Taulid (Produksi kata), yakni proses produksi kosa kata baru melalui otak atik kosa kata lama, yang di dalamnya terdapat metode Isytiqaq (Derivasi) dan Majaz (Metafor). Metode Iqtiradh (Serapan) yakni proses produksi kata dari bahasa asing, tanpa mengabaikan kontruksi kata dari bahasa asal, yang di dalamnya terkandung Metode At-Ta’rib (Adaptasi/Arabisasi) dan Ad-Dakhil (Adopsi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulum, Muhammad Bachrululumbangsal@gmail.comA91216138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Istilah; Budaya; Indonesiaalyoum.com; Tarjamah; Taulid; Iqtiradh
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Bachrul Ulum
Date Deposited: 31 Dec 2019 05:35
Last Modified: 10 Dec 2021 09:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36621

Actions (login required)

View Item View Item