Retorika Dakwah Kh. Abdul Aziz Munif Di Dusun Boto’an Desa Sambungrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sadewo, Ahmad Nu'man Hani' (2019) Retorika Dakwah Kh. Abdul Aziz Munif Di Dusun Boto’an Desa Sambungrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AHMAD NU'MAN H.S B71214029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada skripsi ini persoalan yang hendak dikaji adalah: Bagaimana retorika dakwah KH. Abdul Aziz Munif. Dalam mengungkap persoalan tersebut secara mendalam, dalam penelitian ini mempunyai suatu tujuan yakni untuk mengetahui retorika dakwah KH. Abdul Aziz Munif. Dalam penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data dan penemuan informan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam proses pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tehnik, yaitu; observasi, wawancara seni terstruktur, tehnik analisis data serta tehnik keabsahan data.Tehnik analisis yang dipakai yakni proses analisa berfikir induksi yakni dimulai dengan teori yang bersifat umum, kemudian dari fakta atau data khusus berdasarkan pengamatan dilapangan dan pengamatan empiris data, fakta empiris disusun, diolah, dikaji kemudian ditarik dalam bentuk penghayatan dan disimpulkan secara umum, kemudian keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaaan teman sejawat, kecukupan referensi.Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa dalam retorika dakwah KH. Abdul Aziz, dia ketika berdakwah selalu menyesuaikan dengan kondisi mad’unya dalam menggunakan tehnik dakwahnya. Pada saat pembukaaan ceramah diawali dengan melukiskan latar belakang masalah.Dalam penyampaian dakwah dia mengunakan tehnik pemilihan kata yang tepat, tehnik humor, menguasai tinggi rendah tehnik vokal,mengemukakan kisah faktual. Pada saat penutupan ceramah selalu memberikan harapan dan tindakan kemudian ditutup dengan do’a dan membaca sholawat bersama mad’u.Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya dapat memperdalam hasil penelitian ini. Karena peneliti menyadari bahwa hasil dari penelitian ini masih terdapat kekurangan.Ahmad Nu’man Hani’ Sadewo NIM.B71214029, 2019.Retorika Dakwah KH. Abdul Aziz Munif di Dusun Boto’an Desa Sambungrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sadewo, Ahmad Nu'man Hani'ahmadnukman64@gmail.comB71214029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Muhammad Anisahmadnukman64@gmail.com196912192009011002
Subjects: Dakwah
Retorika
Keywords: Retorika, Dakwah, KH. Abdul Aziz Munif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ahmad nu'man
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:27
Last Modified: 31 Dec 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36622

Actions (login required)

View Item View Item