Perilaku Memilih Kelompok Disabilitas Dalam Pemilihan Presiden 2019 Di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amryansyah, Fajrin Muchzanan (2019) Perilaku Memilih Kelompok Disabilitas Dalam Pemilihan Presiden 2019 Di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajrin Muchzanan Amryansyah_I71215025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat adanya kesenjangan yang terjadi antara pemilih kelompok disabilitas terhadap pemilih normal pada pagelaran pemilihan umum di Indonesia. Ada dua rumusan masalah terkait penelitian ini 1.) Bagaimana Perilaku memilih kelompok disabilitas dalam Pemilihan presiden 2019 kota Surabaya 2.) Faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan kelompok disabilitas dalam Pemilihan presiden 2019 kota Surabaya. Untuk mempermudah penelitian, peneliti memberi batasan dalam penelitian ini yakni Penelitian ini membahas terkait perilaku pemilih kelompok disabilitas dengan objek responden lansung kepada disabilitas basis tuna netra,bisu dan tuli di kota Surabaya pada pemilihan presiden 2019 serta dalam penelitian ini juga membatasi wilayah Kota Surabaya ke dalam beberapa kelompok berdasarkan lima Daerah Pemilihan (Dapil ) pada pemilihan presiden 2019. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku memilih dan apa saja faktor yang mempengaruhi pilihan kelompok disabilitas dalam pemilihan Presiden 2019 di kota Surabaya. Guna menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif statistik deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Serta analisis nya menggunakan software SPSS dengan teknik persentase. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni perilaku pemilih.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1.) Perilaku memilih kelompok disabilitas dalam pemilihan Presiden 2019 di kota Surabaya dapat terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan perilaku memilih nya. Kelompok disabilitas kota Surabaya cenderung sebagai pemilih rasional . hal tersebut sesuai hasil penelitian yang menjabarkan pemilih rasional mencapai 42 (50%), pemilih kritis mencapai 19 (22,7 %), pemilih tradisional mencapai 19 (21,4 %), pemilih skeptis mencapai 4 (4,8 %) sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab mencapai 1 (1,2%). Dari data di atas juga dapat dilihat berdasarkan karakterisitk responden maupun hubungan dengan pertanyaan lainya. 2.) Setelah mengetahui pola perilaku memilih kelompok disabilitas dalam pemilihan Presiden 2019 di kota Surabaya. Kemudian penulis akan menjabarkan faktor yang mempengaruhi dalam memilih tersebut. faktor yang paling mempengaruhi pilihan kelompok disabilitas di dominasi pada jawaban “ Pengalaman / kinerja presiden dan wakil presiden” mencapai 33%, nomor kedua yang cukup mendominasi yakni pada jawaban “Latar belakang” mencapai 18%, nomor ketiga dengan selisih hanya 1 pada jawaban “Visi,misi dan program” mencapai 17%, selanjutnya yakni faktor “keluarga” mencapai 12%, di nomor lima masih dengan pilihan jawaban berdasarkan variabel kedekatan sosial yakni pilihan jawaban “Tokoh agama setempat” mencapai 9%, selanjutnya dengan angka yang sama yakni 5% dengan pilihan jawaban “partai politik pengusung dan uang / hadiah”, dan yang terakhir dengan 1% pada pilihan jawaban tidak tahu / tidak jawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amryansyah, Fajrin Muchzananfmuchzanan@gmail.comI71215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, HolilahUNSPECIFIED197610182008012008
Subjects: Pemilihan Umum
Keywords: perilaku memilih, kelompok disabilitas, pemilihan presiden 2019
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Fajrin Muchzanan Amryansyah
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:51
Last Modified: 31 Dec 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36627

Actions (login required)

View Item View Item