العناصر الداخلية في قصة قصيرة دولة العصافير لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachel, Rachel (2019) العناصر الداخلية في قصة قصيرة دولة العصافير لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachel_A01216046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra merupakan unsur yang paling utama, yaitu memahami sastra didalamnya terdapat analisis judul, tokoh penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat yang akan membentuk cerita ini lebih mudah dipahami. Cerita pendek adalah sebuah bentuk karya sastra yang di dalamnya mengandung unsur intrinsik. Berikut ini adalah sebuah cerita pendek yang menarik untuk dikaji yaitu cerita pendek yang berjudul “Negeri Burung Pipit” yang ditulis oleh sastrawan terkenal Taufiq al-Hakim. Analisis yang digunakan penulis dalam cerita pendek ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dengan menjelaskan unsur-unsur yang diharapkan oleh penulis.Pada skripsi ini penulis mengupas tuntas tentang unsur intrinsik yang ada pada cerita pendek “Negeri Burung Pipit” meliputi tema, tokoh penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Hasil dari penelitian ini ditemukan tema dari cerita pendek “Negeri Burung Pipit” adalah ketamakan manusia . Tokoh dalam cerita ini ada pipit tua pipit muda dan manusia. Adapun alur yang dipakai cerita pendek ini adalah alur maju, sudut pandang yang diambil penulis dalam mengkisahkan cerita pendek ini adalah menggunakan sudut pandang sebagai orang ketiga sedangkan gaya bahasa yang digunakan dalam cerita pendek ini menggunakan kalam khobari, al-muhassinaatul lafdziyah. Penulis menemukan unsur-unsur berupa istifham, nahi, dan nida’ dalam kalam insyai, dan unsur-unsur seperti jinas tam dan ghoiru tam, serta tibaq dan al-muhassinatul lafdziyah. Adapun amanat dalam cerita pendek ini tidak di bolehkan untuk memelihara sifat serakah dan tamak. Sifat ini mampu menghancurkan manusia karena membuatnya tidak pernah puas dengan apa yang telah diperoleh, dan selalu merasa kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachel, Rachelrachelwachdin39@gmail.comA01216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM.Romdlon, AtiqUNSPECIFIED196712211995031001
Subjects: Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rachel Wachdin
Date Deposited: 31 Dec 2019 08:33
Last Modified: 31 Dec 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36640

Actions (login required)

View Item View Item