Analisis kritis gaya bahasa dakwah ulama pendukung pasangan calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siti, Ulfa Khoiriyah (2019) Analisis kritis gaya bahasa dakwah ulama pendukung pasangan calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ulfa Khoiriyah_E21215087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seorang pendakwah tidak lepas dari gaya bahasa dakwah. Bagaimana seorang pendakwah tersebut mengkomunikasikan pesan dakwah kepada objek dakwah. Penulis memfokuskan objek penelitian terhadap gaya bahasa dakwah seorang ulama pendukung pasangan calon pilpres 2019. Empat macam klaim kesahihan dalam konsensus rasional Jurgen Habermas menjadi pisau analisis dalam transkrip naskah ceramah ulama pendukung pasangan calon dalam Youtube. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Berdasarkan tipologi dakwah, penulis menemukan gaya bahasa dakwah ta’lim dan tarbiyah, targhib dan tabsyir, tadhkir dan tanbih, qasas dan riwa>yat, amar dan nahi dalam kutipan ceramah masing-masing ulama pendukung pasangan calon Pilpres. Gaya bahasa dakwah ulama tersebut dipengaruhi oleh pemikiran Islam, jadi berdasarkan tipologi pemikiran Islam, penulis menemukan dua indikator yang ditawarkan oleh Khaled yakni “Sifat-Dasar Hukum dan Moralitas” dan “Demokrasi dan Hak Asasi Manusia” sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam hal ini, ulama masing-masing pendukung Pasangan calon Pilpres mempunyai kecederungan pemikiran moderat. (2) Dalam pencapaian klaim kebenaran dan klaim ketepatan bahwa rata-rata ulama pendukung pasangan calon 01 dan 02 cenderung menjunjung praktik demokrasi dan hak asasi manusia yakni hak konstitusional dalam memilih dan dipilih yang sudah menjadi konsensus publik, sehingga relevan dengan hukum normatif yang berlaku. Tetapi rata-rata para ulama pendukung masing-masing pasangan calon meleburkan niat idealis dengan niat pragmatis, sehingga kedua gaya bahasa dakwah ulama pendukung masing-masing pasangan calon tidak mencapai klaim komprehensibilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siti, Ulfa KhoiriyahMuhammadalfasantoso@gmail.comE21215087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchammad, Helmi Umam, S.Ag, M,HumUNSPECIFIED197905042009011010
Thesis advisorNur, Hidayat Wakhid Udin, S.Hi, MAUNSPECIFIED198011262011011004
Subjects: Dakwah > Dakwah - Filsafat
Indonesia > Presiden
Keywords: Gaya Bahasa Dakwah; Tipologi Dakwah; Tipologi Pemikiran Islam; Konsensus Rasional Jurgen Habermas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Ulfa Khoiriyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:13
Last Modified: 02 Jan 2020 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36662

Actions (login required)

View Item View Item