Prasangka dalam Alquran perspektif Sayyid Quthb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sayyadi, Sayyadi (2019) Prasangka dalam Alquran perspektif Sayyid Quthb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyadi_E03215046.pdf

Download (798kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana makna zhan (prasangka) dalam Alquran perspektif Sayyid Quthb, karena Sayyid Quthb adalah termasuk mufassir yang keras terhadap non muslim maka penyusun ingin sedikit meneliti dalam penafsirannya apakah sikap kerasnya Sayyid Quthb terhadap non muslim itu tertuang dalam penafsirannya. Penyusun menganalisa tentang makna lafad zhan dan penggunaan teori-teori yang digunakan mufassir. Tulisan ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literatur dengan cara menganalisis isi dari literatur-literatur yang terkait dengan penelitian primer maupun sekunder. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prasangka dalam Alquran perspektif Sayyid Quthb dan penerapan teori-teori yang digunakan Sayyid Quthb dalam menafsirkan makna lafad zhan. Hasil dari tulisan ini menyimpulkan bahwa makna lafad zhan ini mempunyai arti prasangka. Prasangaka yang lebih condong kepada sifat tercela. Selain itu Sayyid Quthb dalam menafsirkannya menggunakan teori muna>sabah dan fungi hadis. Munasabah adalah kedekatan atau kemiripan yang terjadi pada dua hal atau lebih dan terjadi pada seluruh unsur atau hanya sebagian saja. Selain itu Sayyid Quthb juga menggunakan teori fungsi hadis dimana hadis tersebut sebagai penjelas dan penguat isi kandungan Alquran. Selain itu penafsiran Sayyid Quthb terhadap makna zhan dalam Alquran menurut penyusun tidak terkontaminasi oleh latar belakangnya yang keras terhadap non muslim, tetapi sesuai dengan objektivitas intelektualnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sayyadi, Sayyadisayyadi559@gmail.comE03215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, MutamakkinUNSPECIFIED197709192009011007
Thesis advisorIwanebel, Fejrian YazdajirdUNSPECIFIED199003042015031004
Subjects: Agama
Budaya - Agama
Konflik sosial
Keywords: Zhan (prasangka); Sayyid Quthb
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sayyadi Sayyadi
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:03
Last Modified: 02 Jan 2020 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36664

Actions (login required)

View Item View Item