Konseling Islam dengan Terapi Rasional Emotif Behaviour untuk mengatasi kecemasan seorang anak korban kekerasan ayahnya di Kecamatan Wonocolo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Elok Fithrotul (2019) Konseling Islam dengan Terapi Rasional Emotif Behaviour untuk mengatasi kecemasan seorang anak korban kekerasan ayahnya di Kecamatan Wonocolo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Fithrotul Jannah_B03216007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana Proses Konseling Islam dengan Terapi Rasional Emotif Behaviour Untuk Mengatasi Kecemasan Seorang Anak Korban Kekerasan Ayahnya di Kecamatan Wonocolo? 2) Bagaimana Hasil Konseling Islam dengan Terapi Rasional Emotif Behaviour Untuk Mengatasi Kecemasan Seorang Anak Korban Kekerasan Ayahnya di Kecamatan Wonocolo? Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif komperatif. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya proses Konseling Islam dilakukan dengan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi. Dalam pemberian treatment dengan menggunakan terapi Rasional Emotif Behaviour yang pertama kali dilakukan oleh peneliti dalam hal ini yaitu yang pertama memperbaiki cara berpikir konseli yang irasional, kedua menyadarkan konseli bahwasannya tindakan yang dilakukan oleh dirinya kepada ayahnya merupakan sikap yang tidak terpuji, ketiga menghilangkan perasaan negatif yang dirasakan konseli ketika bertemu dengan ayahnya. Adapun hasil yang didapatkan dalam menangani masalah konseli. Dalam hal ini hasil yang didapatkan konseli cukup baik dengan adanya sedikit perubahan perilaku yang tampak pada keseharian konseli. Selain itu, konseli juga sudah mau berbaur dengan teman laki-lakinya. Dan dengan ayahnya juga sudah mulai ada kedekatan. Konseli sudah tidak takut dan merasa cemas ketika didekat ayahnya. Sedangkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa masalah yang terjadi pada diri konseli adalan kecemasan ketika bertemu dengan ayahnya. Hal tersebut ia alami ketika ayahnya sudah tidak lagi bekerja dan ayahnya juga sering marah-marah dengan dirinya. Konseli menjadi korban amarah ayahnya dan menjadikan konseli saat itu takut untuk bertemu dan berkomunikasi dengan ayahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Elok Fithrotulefithrotul@gmail.comB03216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hana, Rudyrudialhana@yahoo.co.id2009036802
Subjects: Bimbingan Konseling
Kekerasan
Keywords: Konseling Islam; Rasional Emotif Behaviour; Kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ELOK FITHROTUL JANNAH
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:31
Last Modified: 12 Feb 2020 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36680

Actions (login required)

View Item View Item