Pengaruh Terapi Islam Dalam Kegiatan Fatihahan Terhadap Peningkatan Self Management Pada Santri Di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fina, Nur Laili Mufidah (2019) Pengaruh Terapi Islam Dalam Kegiatan Fatihahan Terhadap Peningkatan Self Management Pada Santri Di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Nur Laili Mufidah_B93216082 -.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Terapi Islam dalam kegiatan fatihahan terhadap peningkatkan self management santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya, serta untuk mengetahui berapa tingkat pengaruh terapi Islam dalam kegiatan fatihahan untuk meningkatkan self management santri tersebut.Untuk menjawab kedua persoalan diatas, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Peneliti menggunakan analisis Uji Wilcoxon Matches Pairs Test. Berdasarkan 4 indikator yang ditentukan, yakni santri yang self management rendah, santri yang mempunyai pekerjaan, dan santri yang sering terlambat, santri senior.Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh diperoleh nilai z sebesar -1.826 dan angka Asymp Sig . (2-tailed) sebesar 0,068. Karena diperoleh hasil nilai p value lebih kecil daripada nilai signifikansi, yaitu 0,068 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Tingkat pengaruh santri dalam meningkatkan self management dapat dilihat dari nilai pretest dan post test, pada nilai pretest mendapatkan nilai sebesar 447 dan mengalami peningkatan pada hasil nilai posttest sebesar 533.Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa Terapi Islam dalam kegiatan fatihahan berpengaruh terhadap peningkatkan self management santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fina, Nur Laili MufidahFinamufidah28@gmail.comB93216082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
ConsultantAlbaar, Ragwan-196303031992032002
Subjects: Islam
Terapi
Keywords: Kegiatan Fatihahan, Self Management, Santri
Depositing User: Fina Nur Laili Mufidah
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:48
Last Modified: 02 Jan 2020 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36691

Actions (login required)

View Item View Item