Ragam Qiraat dalam Surat Al Fatihah: telaah kitab Turjuman Al Mustafid karya Abbdul Rouf Al Singkili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Muhammad Ronald (2019) Ragam Qiraat dalam Surat Al Fatihah: telaah kitab Turjuman Al Mustafid karya Abbdul Rouf Al Singkili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ronald Abidin_E9321077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berkaitan dengan masalah memahami dan menafsirkan al-Qur’an dalam sejarah intelektual Muslim Nusantara banyak bermunculan para tokoh dibidang penafsiran al-Qur’an. Salah satu diantaranya ialah Syekh Abdul Rouf al-Singkili (1615 M-1693 M), beliau telah memainkan peran penting dalam peta sejarah peradaban islam di Nusantara. Dia seorang sufi, faqih dan mufassir. Dia juga seorang pejabat kerajaan yang memangku jabatan Qadi Malikul ‘Adil. Salah satu karya terbesar Abdul Rouf al-Singkili ialah kitab tafsir Turjuman al-Mustafid, dengan berbahasa melayu, yang teleh diketahui umum adalah karya kitab tafsir pertama yang lengkap 30 juz di Nusantara. Beliau dalam tafsirnya membahas tentang qiraat dalam memahami makna-makna ayat al-Qur’an dengan mengutip dari qiraat yang mutawattir yaitu Qiraat Sab’ah. Rumusan masalah yang ditawarkan dalam penelitihan ini adalah (1) Bagaimana penafsiran Abdul Rouf al-Singkili terhadap perbedaan qiraat dalam surah al-Fatih}ah? (2) Bagaimana fungsi qiraat sebagai alat penafsiran dalam kitab Turjuman al-Mustafid? Penelitihan ini mereupakan penelitihan kepustakaan (library research), untuk menjawab kedua rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan historis. Melalui kajian terhadap ragam qiraat dalam surah al-fatih}ah dalam tafsir turjuman al-mustafid, yaitu terdapat dalam ayat keempat surah al-fatih}ah yang mengindikasikan adanya perbedaan qiraat didalamnya. Sedangkan dalam analisa qiraat dalam kitab turjuman al-mustafid terdapat 2 macam. Pertama menjelaskan adanya perbedaan qiraat dengan menjelaskan maknanya. Kedua, menjelaskan adanya perbedaan qiraat tanpa menjelaskan maknanya, adanya perbedaan qiraat tersebut mempengaruhi al-Singkili dalam menggunakannya sebagai alat bantu dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Muhammad Ronaldguskim123@gmail.comE93215077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.alidoktaf@gmail.com196502021996031003
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Ronald Abidin
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:50
Last Modified: 02 Jan 2020 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36742

Actions (login required)

View Item View Item