Makna Matsal Sarab dalam Alquran: studi analisis surat An-Nur: 39

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, M. Minanur (2019) Makna Matsal Sarab dalam Alquran: studi analisis surat An-Nur: 39. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Minanur Rohman_E23215153.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini, karena di rasa sangat menarik, sebab bagaimana suatu amal pebuatan baik seseorang tidak bermanfaat dan tidak bisa menolong dirinya tersebut apa penyebabnya.Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana makna matsal sarab (fatamorgana) dalam surah an-Nur ayat 39 menurut para mufassir. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literature dengan cara menganalisis isi dari literature-literatur yang terkait, baik dari sumber primer maupun sumber sekunder. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari smuber data primer ( sumber asli dari kitab tokoh yang dikaji) dan sumber data sekunder (kitab atau buku-buku pendukung), serta menggunakan metode analisis diskriptif analitik dalam menjabarkan penafsiran para mufassir. Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai literature dan analisa yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwasanya makna matsal “sarab” (fatamorgana) dalam surah an-nur ayat 39 menurut para mufassir yaitu bahwasanya segala bentuk amal yang dilakukan amal perbuatan baik yang dilakukan orang kafir selama hidup didunia tidak akan bermanfaat dan tidak akan bisa menolong mereka kelak di akhirat karena amal yang mereka kerjakan tidak didasari dengan keimanan dan keihlasan semata-mata karena Allah, sehingga Allah tidak menerima amal perbuatan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, M. Minanurminanmuhammad1996@gmail.comE23215153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorIwanebel, Fejrian YazdajirdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Amsal - al Quran
Al Qur'an
Keywords: Sarab; Amal Perbuatan Orang Kafir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mohammad minanur Rohman
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:20
Last Modified: 02 Jan 2020 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36754

Actions (login required)

View Item View Item