معاني الاستفهام في رواية "رجل تحت الصفر" لمصطفى محمود

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailia, Zayyin Miftakhul (2019) معاني الاستفهام في رواية "رجل تحت الصفر" لمصطفى محمود. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zayyin Miftakhul Lailia_A91216157.pdf

Download (1MB)

Abstract

Istifham berasal dari akar kata fahima yang berarti faham, mengerti, dan jelas. Akar kata ini memiliki tambahan huruf alif, sin, dan ta’ di awal kata yang salah satu fungsinya adalah meminta. Dengan demikian berarti permintaan penjelasan. Sedangkan pengertian dari istifham secara istilah adalah mencari pemahaman tentang suatu hal yang tidak diketahui. Peneliti mengkaji tentang istifham dan makna-maknanya dalam novel “Lelaki di titik Nol” Karya Mustofa Mahmud dengan pendekatan ilmu bhalaghah. Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah terdiri dari dua hal yaitu : Apa saja jenis istifham dalam novel “Lelaki di Titik Nol” karya Mustofa Mahmud ? •Bagaimana makna istifham dalam novel “Lelaki di Titik Nol” karya Mustofa Mahmud?Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan data dengan menggunakan library research, kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui jenis istifham dan maknanya dalam novel “Lelaki di Titik Nol” karya Mustofa Mahmud. Adapun temuan setelah dilakukan penelitian dalam novel tersebut, ditemukan 66 data. Kalimat yang mengandung adawat istifham sebanyak 66 data tersebut yaitu jenis istifham sebanyak 34 data diantaranya : hamzah tashawwur 2 data, hamzah tashdiq 4 data, hal 7 data, maa 10 data, aina 3 data, limadza 4 data, kaifa 3 data, ay 1 data. Adapun makna istifham 32 data diantaranya : at-tiqraar 5 data, at- ta’ajjub 10 data, at-tasywiiq 4 data, at-taubiikh 2 data, at-tanbiih ‘alal khoto’ 7 data, at-taswiyah 1 data, at-tahqiir 1 data, al-inkari 2 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailia, Zayyin MiftakhulZayyinmifta97@gmail.comA91216157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, MuntahaUNSPECIFIED195907121990031002
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Makna-makna istifham; novel “Lelaki di Titik Nol” karya Mustofa Mahmud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Zayyin Miftakhul Lailia
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:32
Last Modified: 13 Feb 2020 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36788

Actions (login required)

View Item View Item