Konseling Islam melalui teknik Thought Stopping dan Istighfar untuk menghilangkan trauma seorang istri yang mengalami KDRT di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Ulumudin, Taufik Ihya (2019) Konseling Islam melalui teknik Thought Stopping dan Istighfar untuk menghilangkan trauma seorang istri yang mengalami KDRT di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Taufik Ihya Al-Ulumudin_B93216128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Proses Konseling Islam Melalui Teknik Thought Stopping Dan Istighfar Untuk Menghilangkan Trauma Seorang Istri Yang Mengalami Kdrt Di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo?. (2) Bagaimana Hasil Penerapan Konseling Islam Melalui Teknik Thought Stopping Dan Istighfar Untuk Menghilangkan Trauma Seorang Istri Yang Mengalami Kdrt Di Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo?.Dalam menjawab permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif. Dalam menganalisa penyebab trauma seorang istri yang mengalami KDRT di Sidoarjo. Data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan, proses konseling yang dirancang berisikan langkah-langkah Konseling Islam Melalui Teknik Thought Stopping Dan Istighfar, yaitu: (1) Konseli dan konselor harus memutuskan bersama, pikiran-pikiran atau masalah yang akan diselesaikan (2) Konseli dianjurkan untuk menutup mata dan membayangkan masalah yang akan diselesaikan (3) Pikiran yang dibayangkan disertai dengan keinginan berhenti. (4) Konselor dan konseli Mengganti pemikiran yang negatif yang berulang-ulang dengan kalimat “Astaghfirullah Hal Adzhim” sehingga menjadi kebiasaan dengan menggantinya dengan pikiran positif. Hasil akhir dari penelitian ini, efektif sekali. yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada perilaku atau kebiasaan konseli yang kurang baik mulai menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Ulumudin, Taufik Ihyataufikihya69@gmail.comB93216128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusags_hana@yahoo.co.id2025087001
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah, Psikologi
Terapi
Keywords: Thought Stopping dan Istighfar; Istri; Trauma.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Taufik Ihya Al-Ulumudin
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:31
Last Modified: 16 Sep 2020 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36789

Actions (login required)

View Item View Item