This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisak, Hairun (2015) PEMANFAATAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA PERKALIAN BILANGAN CACAH UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI RIYADUL ULUM KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok, mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah.Namun kenyataannya sampai sekarang masih ada siswa yang kurang berminat terhadap Matematika dan hasil belajar Matematikapun belum menunjukkan hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika dan meningkatkan respon siswa kelas III pada materi perkalian bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga Batang Napier. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Riyadul Ulum yang berjumlah 12 siswa, yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Taggart Metodeyang pada hakikatnya merupakan suatu untaian yang terdiridari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dipandang sebagai satu siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya ketuntasan hasil belajar matematika siswa. Dari data nilai pada pra siklus, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 5 anak atau 41,7%. Data hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 66,7% atau 8 siswa. Data hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100% atau 12 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh pada pra siklus, siklus I dan II tersebut dapat disimpulkan bahwa materi perkalian bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga batang napier dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IIIMI Riyadul Ulum kecamatan Pakong kabupaten Pamekasan.
Selain hasil belajar dalam penelitian ini dapat disampaikan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan alat peraga batang napier dapat dikatagorikan positif jika banyaknya siswa yang menjawab ya pada setiap aspek positif dan mendapatkan persentase > 60%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Agus Prasetyo Kurniawan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Alat Peraga; Batang Napier; Perkalian; Bilangan Cacah; Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 01:24 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 01:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3718 |
Actions (login required)
View Item |