This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Murtafi'ah, Sabkiati (2015) I'DAAD KURAASAH AL TADRIBAAT MAHARAH AL KITABAH LI THALABAH AL SHAF AL AASYIR : BAHTS TATHWIIRII BIMADRASAH BAHAUDDIN AL TSAANAWII ULUM TAMAN SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu macam keterampilan berbahasa. Menulis juga merupakan salah satu sarana komunikasi antar manusia. Maka penting bagi siswa untuk menguasai keterampilan menulis dalam bahasa Arab, agar siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab melalui tulisan. Namun setelah melakukan observasi langsung di kelas X Madrasa Aliyah Bahauddin, penulis mendapati bahwa keterampilan menulis siswa kelas X ini sangat lemah. Maka untuk mengatasi masalah ini penulis menyusun buku pendamping berupa buku Lembar Kerja Siswa agar dapat digunakan siswa untuk mengasah keterampilan menulis mereka dengan latihan-latihan yang telah disediakan di dalamnya sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses penyusunan buku lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X madrasah Aliyah Bahauddin? 2. Bagaimana implementasi buku lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X madrasah Aliyah Bahauddin? 3. Bagaimana efektifitas buku lembar kerja siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X madrasah Aliyah Bahauddin?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menunjuk seluruh siswa kelas X sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: tes, wawancara, observasi dan angket.
Setelah menyusun buku, mengimplementasikannya dalam pembelajaran dan menganalisa data yang didapat penulis menyimpulkan bahwa: 1. Dalam proses penyusunan didapati bahwa buku pendamping yang penulis susun layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan prosestase 75%. Angka ini diperoleh dari hasil validasi oleh beberapa ahli bahan ajar bahasa Arab. 2. Buku pendamping ini telah diujicobakan kepada siswa kelas X Madrasah Aliyah Bahauddin. 3. Buku pendamping ini sangat efektif untuk meningkat keterampilan menulis siswa, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan yang cukup signifikan di angka 9,58% dari prosentase nilai pretest 2,95% menjadi 5,22% pada nilai posttest
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Muhammad Afifuddin Dimyati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Menulis; Ketrampilan; Strategi Belajar; Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 08:20 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 08:20 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3783 |
Actions (login required)
View Item |