Konsep Memayu Hayuning Bawana Persaudaraan Setia Hati Terate dalam perspektif Tasawuf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibad, Irsyadul (2019) Konsep Memayu Hayuning Bawana Persaudaraan Setia Hati Terate dalam perspektif Tasawuf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Irsyadul Ibad_E07215013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep memayu hayuning bawana yang diajarkan oleh Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam Pandangan Tasawuf. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah; Bagaimana konsep Memayu Hayuning Bawana dalam Persaudaraan Setia Hati Terate ? dan Bagaimana konsep Memayu Hayuning Bawana dalam perspektif Tasawuf ?. Dalam lembar kerja ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif-analitis, dimana tema yang ditemukan akan diuraikan secara rinci dan komprehensif. Hasil dari riset ini adalah konsep memayu hayuning bawana yang diajarakan dalam PSHT merupakan salah satu fondasi akhlak yang dipegang teguh oleh warga PSHT dimana konsep tersebut merupakan sikap dalam upaya mewujudkan dunia sejahtera, damai dan selamat dunia akhirat, dengan tertuju pada nilai-nilai budi pekerti luhur, moral atau akhla>q al-Kari>m. Dalam mewujudkan konsep tersebut ada tiga hubungan yang harus dijalankan dengan baik dengan penuh nilai-nilai budi luhur yaitu (1) Hubungan manusia dengan Tuhan (2) Hubungan manusia dengan alam (3) Hubungan manusia dengan sesama manusia. Sedangkan menurut tasawuf memayu hayuning bawana adalah nilai-nilai akhlak itu sendiri, dimana ajaran Islam terutama sufisme telah mencanangkan betapa pentingnya nilai akhla>q al-K>ari>m yang membawa misi perdamaian dengan turut memperkokoh hubungan antara manusia, Tuhan dan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibad, Irsyaduljhunelie2105@gmail.comE07215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDGhozi, GhoziUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pencak Silat
Tasawuf
Keywords: Memayu hayuning bawana, PSHT, tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Irsyad Ibad
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:46
Last Modified: 06 Jan 2020 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37884

Actions (login required)

View Item View Item