Hasrat Muslimah Milenial terhadap Beauty Vlogger perspektif Jacques Lacan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Nur Hidayatul (2019) Hasrat Muslimah Milenial terhadap Beauty Vlogger perspektif Jacques Lacan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayatul Ilmiyah_E21215084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mencoba mengungkap tindakan Muslimah milenial di alam bawah sadar melalui psikoanalisis. Seorang Muslimah milenial menjadi subjek dalam penelitian karena generasi ini tumbuh sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi berupa internet. Lebih spesifik, Muslimah milenial memanfaatkan teknologi berbasis internet dengan menonton beauty vlogger dalam Youtube dan akan membentuk kepribadian diri. Dalam mengungkap tindakan Muslimah milenial ini, peneliti memakai analisis psikoanalisis dengan menfokuskan pada teori hasrat dan konsep pembentukan subjek milk Jacques Lacan. Berdasarkan filsafat aksiologi, terdapat dua hal yang perlu digarisbawahi dalam memahami hasrat Muslimah milenial dalam menonton beauty vlogger yaitu etika dan estetika. Keduanya harus saling berkaitan dan mempengaruhi untuk memperoleh kehidupan yang seimbang. Berdasarkan data yang di lapangan, generasi Muslimah milenial berada dalam ketidaksadaran yang dihegemoni oleh vlogger di Youtube. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasrat imajiner Muslimah milenial terhegemoni dengan citra dirinya yang menjelma dalam diri vlogger dengan beberapa produk yang ditawarkan. 2) Hasrat simbolik Muslimah milenial semakin membesar karena mitos kecantikan yang sudah terkonstruk dalam dirinya mendominasi. 3) Hasrat riil Muslimah milenial merupakan hasrat yang mustahil dilakukan karena hasrat menginginkan kesempurnaan yang kontinu sehingga tidak akan merasa puas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Nur Hidayatuln.hidayatul.i@gmail.comE21215084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com197101301997032001
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwakhiduddin@gmail.com198011262011011004
Subjects: Bedah Plastik
Filsafat > Filsafat Agama
Internet
Etika
Remaja, Gaya hidup
Salon Kecantikan
Psikologi > Self Regulated Learning
Wanita
Keywords: Muslimah milenial, Beauty vlogger, Hasrat, Imajiner, Simbolik, Riil.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Hidayatul Ilmiyah
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:34
Last Modified: 03 Jan 2020 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37901

Actions (login required)

View Item View Item