Representasi Nasionalise dalam video klip Bumi Terindah (ft Farhad) karya Alffy Rev; analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absari, Seruni Achadiah (2019) Representasi Nasionalise dalam video klip Bumi Terindah (ft Farhad) karya Alffy Rev; analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Seruni Achadiah Absari_B76216072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Representasi Nasionalisme Video Klip “Bumi Terindah (ft Farhad)” Karya Alffy Rev. Penelitian ini bertujuan untuk berfokus pada bagaimana Nasionalisme digambarkan dalam Video Klip “Bumi Terindah (ft Farhad)” Karya Alffy Rev. Untuk mengkritisi Representasi Nasionalisme dalam Video Klip “Bumi Terindah (ft Farhad)” Karya Alffy Rev. Peneliti menggunakan metode Analisis Teks Media, dengan pendekatan paradigm kritis dalam bingkai teori Representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap Shot dan lirik dalam Video Klip tersebut menunjukkan bahwa (1) Kesadaran atas Kecintaan terhadap Keindahan Alam Indonesia, (2) Kesadaran untuk Bersatu, (3) Kesadaran untuk Berjiwa Sosial, (4) Kesadaran Keberagaman Budaya dan Cinta Tanah Air. Implementasi dari penelitian ini adalah pihak Produser Alffy Rev Production diharapkan bisa dikembangkan lagi menjadi Video Klip yang penuh inspirasi, kreatif dan mengutamakan kualitas karena fungsinya sebagai media inspiratif bagi masyarakat banyak. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan lebih mengeksplor karya kreatif Alffy Rev dan membedah pesan-pesan yang dikaitkan dalam video-video nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absari, Seruni Achadiahseruniachadiahabsari@gmail.comB76216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch ChoirulIrul_rek@yahoo.com197110171998031001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Keywords: Media Video; Nasionalisme; Representasi; Analisis Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Seruni Achadiah Absari
Date Deposited: 02 Jan 2020 05:15
Last Modified: 02 Jan 2020 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37914

Actions (login required)

View Item View Item