التناص القرآني في الرواية "الرجل الذي آمن" لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Faidatul (2019) التناص القرآني في الرواية "الرجل الذي آمن" لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faidatul Ainiyah_A91216071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Interteks Al-qur'an Dalam Novel "Arrajul Ladzi Aman" Karya Najib Al-Kailani
Najib Ibrahim bin Abd al-Lathiif al-Kailani merupakan sastrawan ulung dari Mesir. Ia lahir pada 10 Juni 1931 di desa Syarsyabah yaitu sebuah desa yang berada di wilayah bagian barat Republik Arab Mesir. Ia adalah anak sulung dari Sembilan bersaudara yang terlahir dari keluarga petani. Ia dibesarkan di tengah-tengah Perang Dunia II, yang pada saat itu Negara Inggris menjadi penjajah desanya. Ia adalah salah satu pelopor satra dan teater islam. Karya-karyanya mengandung nilai-nilai islam dan kemanusian. Berdasarkan karya-karyanya yang sarat akan nilai-nilai islam dan tak jauh dari uslub-uslub Al-qur'an maka penulis tertarik untuk mengkaji salah satu karya dari Najib Al-Kailani yaitu novel "Arrajul Ladzi Aman" untuk diketahui 1). Bagaimana bentuk interteks Al-qur'an dalam novel "Arrajul Ladzi Aman" 2). Bagaimana makna yang terkandung dalam intertks Al-qur'an tersebut. Penelitian ini bersumber pada novel "Arrajul Ladzi Aman" karya Najib Al-Kailani. Data yang digunakan oleh peneliti adalah seluruh aspek kebahasaan dan kesusatraan baik berupa kata, kalimat, atau wacana yang ada didalamnya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interteks dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun beberapa hasil analisis yang didapatkan oleh peneliti adalah terdapat 12 interteks dan 7 interteks tidak langsung. Dari kedua interteks tersebut memiliki makna masing-masing diantaranya adalah 10 memiliki makna penekanan pada topic yang umum dan 9 teks memiliki makna ungkapan ideologis dari pengarang dan sikapnya pada suatu realita. Oleh sebab itu, jelaslah bahwa di dalam novel Arrajul Ladzi Aman karya Najib Kailani terdapat unsur-unsur interteks dengan tujuan makna yang berbeda-beda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Faidatulfaidahainiyah1428@gmail.comA91216071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan AhmadUNSPECIFIED198503142015031003
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Faidatul Ainiyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:22
Last Modified: 02 Jan 2020 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37959

Actions (login required)

View Item View Item