تغييرات الأوزان العروضية وعناصر القافية في شعر الخنساء

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Tiara (2019) تغييرات الأوزان العروضية وعناصر القافية في شعر الخنساء. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Fajriyah_A91216102.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1) Wazan apa yang digunakan dalam syi’ir Khansa’? 2) Bagaimana perubahan wazan ‘arudl dalam syi’ir Khansa’? dan 3) Apa unsur-unsur qafiyah yang terkandung dalam syi’ir Khansa’?Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui wazan ‘arudl dari berbagai perubahan dan qafiyah yang digunakan dalam syi’ir Khansa’. Teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori objektif, yakni dengan meneliti syi’ir Khansa’ dari segi irama ‘arudl (yaitu hasil pengulangan dari beberapa taf’ilah), perubahan yang berupa (kecepatan irama) dan ‘illat (kecacatan irama), dan qafiyah (yaitu ujung kata yang ada didalam bait syi’ir). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.Adapun temuan hasil penelitian dalam Perubahan Wazan ‘Arudl dan Qawafi pada Syi’ir Khansa’ menunjukkan bahwa;1.Pada syi’ir Khansa’ menggunakan tujuh bahar yakni, bahar wafir, bahar thawil, bahar sari’, bahar mutaqarab, bahar kamil, bahar basith, bahar ramal. Dan didalamnya terdapat 6 macam zihaf mufrod yang merubah wazan asalnya, yakni terdapat zihaf Ashab pada taf’ilah “mufâ’alatun” menjadi “mufâ’altun”. Zihaf Qabadl pada taf’ilah “fa’ûlun” menjadi “fa’ûlu” dan “mafâ’îlun” menjadi “mafâ’ilun”. Zihaf kuff pada taf’ilah “mafâ’ilun” menjadi “mafâ’ilu”. Zihaf thayyu pada taf’ilah “mustaf’ilun” menjadi “musta’ilun” dan “maf’ûlatu” menjadi “maf’ulatu”. Zihaf khaban pada taf’ilah “mustaf’ilun” menjadi “mutaf’ilun”, “fâ’ilun” menjadi “fa’ilun” dan “fâ’ilâtun” menjadi “fa’ilâtun”. Zihaf idlmar pada taf’ilah “mutafâ’ilun” menjadi “mutfâ’ilun”. Dengan demikian syi’ir-syi’ir karya Khansa’ termasuk memiliki nilai absurd (baik), karena meskipun bentuk wazan dan qafiyahnya sempurna, tetapi masih banyak mengandung perubahan, baik dalam irama atau wazannya maupun dalam qafiyahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Tiarafajtiara@gmail.comA91216102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDHamid, Mas'anUNSPECIFIED195512121982031005
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Tiara Fajriyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:09
Last Modified: 02 Jan 2020 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37969

Actions (login required)

View Item View Item