Implementasi Metode Edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan perilaku adaptif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): studi kasus di sekolah inklusif SD Muhammadiyah 16 kreatif Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Amalia (2019) Implementasi Metode Edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan perilaku adaptif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): studi kasus di sekolah inklusif SD Muhammadiyah 16 kreatif Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Utami_F02317063.pdf

Download (968kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah,: 1) Mendeskripsikan gambaran edutainment dalam pembelajaran PAI, 2) Mendeskripikan strategi pembelajaran edutainment dalam pembelajaran PAI untuk mengembangkan perilaku adaptif pada ABK, 3) Mendeskrisikan bagaimana dampak penerapan metode edutainment dalam pembelajaran PAI terhadap perkembangan perilaku adaptif pada ABK, 4) Mendeskripsikan apa saja kendala yang dihadapi pada proses implementasi metode edutainment dalam pembelajaran PAI, sebagai upaya pengembangan perilaku adaptif pada ABK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, studi kasus (case study). Lokasi penelitian di SD Muhammadiyah 16 Kreatif Surabaya. Subjek penelitian Koordinator ABK, Guru PAI, Peserta didik ABK Autis. Teknik Pengumpulan data menggunakan : Wawancara, Dokumentasi,dan Observasi. Metode analisis data dilakukan dengan : Pengolahan data dengan, editing, Meaning, Coding / kategorisasi. Hasil penelitian : 1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dikombinasikan dengan menggunakan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual (SAVI), 2) Strategi pembelajaran Edutainment dalam pembelajaran PAI, ada 3 tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, 3) Terjadi perkembangan perilaku adaptif pada aspek sosialisasi atau komunikasi, yaitu peserta didik Autis sudah mampu berinteraksi dan bermain dengan teman sebayanya, mampu mengemukakan keinginannya, mampu merespon instruksi guru dan mulai tumbuh rasa empati pada peserta didik ABK Autis, hal tersebut terbukti ketika peserta didik sudah mampu meminta maaf ketika salah, dan berbagi makanan dengan teman sebayanya, 4) Kendala Pertama, sulitnya mengidentifikasi kondisi emosional peserta didik ABK Autis. Kedua, kurangnya ilmu pengetahuan guru tentang penanganan terhadap peserta didik ABK autis,Ketiga, ketidak terbukaan orang tua terhadap keadaan anaknya. Keempat, kompleksitas gangguan yang menyertai peserta didik autis membuat guru susah mengidentifikasi treatment yang cocok. Kelima, adanya gangguan dari teman sebayanya yang kurang suport.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Amaliaamalia.utami1994@gmail.comF02317063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id197206071997031001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pembelajaran
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Metode Edutainment; Perilaku Adaptif; Anak Berkebutuhan Khusus; ABK
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Utami Amalia
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:23
Last Modified: 06 Jan 2020 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37987

Actions (login required)

View Item View Item