Bathoro Katong dan Peranannya dalam pengembangan agama Islam di Ponorogo menurut Babad Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Idham Wahyu (2019) Bathoro Katong dan Peranannya dalam pengembangan agama Islam di Ponorogo menurut Babad Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idham Wahyu Kurniawan_A92215038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Bathoro Katong dan Peranannya dalam pengembangan agama Islam di Ponorogo (Studi Sejarah) memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: Bagaimana Sejarah dan perkembangan kota Ponorogo?.Bagaimana Riwayat Hidup Raden Bathoro Katong ?. Bagaimana peran Bathoro Katong dalam perkembangan Islam di Ponorogo ?.Penelitian ini merupakan penelitian sejarah sosial yang menggunakan pendekatan historis dan Sosiologis, untuk mengkaji mengenai sosial masyarakat yang mempengaruhi pola kehidupan seorang tokoh masyarakat, yang bernama Raden Bathoro Katong. Dalam penelitian ini menggunakan teori Peran untuk menjelaskan peranan Raden Bathoro Katong dalam pengembangan agama islam di Ponorogo. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, dan Historiografi. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) berdirinya Ponorogo diawali oleh berhasilnya Bathoro Katong mengalahkan Wengker. (2) Raden Bathoro Katong adalah putra dari Brawijaya V dari istrinya yaitu Putri Bagelan. (3) Bathoro Katong melakukan Islamisasi dan pengembangan agama islam melalui berbagai cara yaitu Seni dan budaya, pernikahan dan Pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Idham Wahyuidhamk41@gmail.comA92215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarrom, AhwanUNSPECIFIED195212061981031002
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Bathoro Katong; Islam; Ponorogo.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Idham Wahyu Kurniawan
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:39
Last Modified: 06 Jan 2020 05:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38030

Actions (login required)

View Item View Item