Pemikiran oksidental Badiuzzaman Said Nursi dalam tafsir Risalah Nur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohani, Rohani (2019) Pemikiran oksidental Badiuzzaman Said Nursi dalam tafsir Risalah Nur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohani_E93216148.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini. Pertama, latar belakang perjalanan hidup Badiuzzaman Said Nursi. Kedua, pemikiran oksidental Badiuzzaman Said Nursi dalam tafsir Risalah Nur. Penelitian ini bertujuan, pertama, untuk mendeskripsikan latar belakang perjalanan hidup Badiuzzaman Said Nursi. Kedua, untuk menemukan pemikiran oksidental Badiuzzaman Said Nursi dalam tarsir Risalah Nur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data-data yang digunakan bersumber dari libarary research, yaitu mengumpulkan berbagai sumber yang diperlukan melalui kajian kepustakaan, baik berupa buku, disertasi, tesis, artikel jurnal dan karya ilmiah lainnya. Mendalami sejarah kehidupan Badiuzzaman Said Nursi yang menjadi latar belakang penulisan tafsir Risalah Nur. Melihat sejarah Khalifah Turki Utsmani hingga masuknya rezim sekuler ke negara Turki dan mengganti kekhalifahan menjadi Republik Turki. Meneliti pemikiran oksidental Badiuzzaman Said Nursi melalui tiga landasan yang dicetuskan oleh Hasan Hanafi, yaitu pertama, sikap terhadap tradisi lama, kedua, sikap terhadap tradisi Barat, dan ketiga sikap terhadap realitas. Mengaitkan tiga landasan tersebut dengan kehidupan Said Nursi yaitu: pertama, sikap Said Nursi terhadap tradisi lama, terdiri dari 1) sikap Said Nursi terhadap turast/khazanah keilmuan dan 2) Sikap Said Nursi Terhadap Khilafah Turki Utsmani. Kedua, sikap Said Nursi terhadap Barat, terdiri dari 1) sikap Said Nursi terhadap Infiltrasi tradisi Barat, 2) sikap Said Nursi terhadap Imperialisme atau Kolonialisme dan 3) sikap Said Nursi terhadap Sekularisme. Ketiga, sikap Said Nursi terhadap realitas masyarakat Turki. Dalam penelitian ini mendeskripsikan sikap said Nursi tersebut yang terkandung dalam tafsir Risalah Nur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohani, Rohaninengrohani196@gmail.comE93216148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzayyanah MutashimUNSPECIFIED195813211997032001
Thesis advisorIwanebel, Fejriyan YazdajirdUNSPECIFIED199003042015031004
Subjects: Pemikiran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Pemikiran; Oksidental; Said Nursi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rohani Rohani
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:15
Last Modified: 02 Jan 2020 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38051

Actions (login required)

View Item View Item