RASM dalam manuskrip Mushaf Al Qur'an KH. Mas Hasan Masyruh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roudloh, Chumairok Zahrotur (2019) RASM dalam manuskrip Mushaf Al Qur'an KH. Mas Hasan Masyruh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chumairok Zahrotur Roudloh_E03216007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya manuskrip mushaf di Sidoresmo Dalam, yang dikenal dengan kawasan pesantren di Surabaya. Dilakukan pra-penelurusan, dari penelurusan ini didapati informasi bahwa mushaf ini merupakan bentuk peninggalan dari KH. Mas Hasan Masyruh, juga beberapa permasalahan. Kendati demikian, pada skripsi ini permasalahan terbatas pada dua hal. Pertama, bagaimana asal-usul manuskrip mushaf Alquran KH. Mas Hasan Masyruh, kedua, bagaimana penggunaan rasm dan konsistensinya pada Manuskrip Mushaf Alquran KH. Mas Hasan Masyruh. Adapun model penelitian yang digunakan adalah model penelitian kualitatif dengan jenis library research. Sehubungan dengan fokus penelitian dan data yang berupa manuskrip, maka pendekatan yang sesuai adalah ulu>m al-Qur’an dengan mengikuti tahap-tahap penelitian filologi. Dalam hal ini penulis merujuk pada buku Filologi Indonesia, Teori dan Metode karya Oman Fathurrahman. Dari penelitian yang telah dilakukan, tercapai dua kesimpulan. Pertama, berdasarkan pengamatan terhadap bahan kertas Manuskrip Mushaf Alquran KH. Mas Hasan Masyruh berasal dari abad ke-19 di Jawa tepatnya di Sidoresmo Dalam, Surabaya. Kedua, penggunaan rasm dalam manuskrip mushaf Alquran KH.. Mas Hasan Masyruh cenderung tidak konsisten dengan adanya pencampuran rasm dalam penulisannya. Adakalanya suatu ayat ditulis menggunakan rasm uthmani, adakalanya dengan rasm imla’i, bahkan banyak ditemukan penggunaan dua rasm dalam satu ayat. Tidak dipungkiri bahwa kaidah-kaidah rasm uthma>ni diterapkan pada beberapa kata secara konsisten, seperti kata الصلوة, الزكوة, الحيوة dan التورية, namun pada kebanyakan kalimat penulisannya disandarkan pada pengucapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roudloh, Chumairok Zahroturchumairok98@gmail.comE03216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com2110068501
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Al Qur'an
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Rasm; Filologi; Manuskrip Mushaf KH. Mas Hasan Masyruh
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Chumairok Zahrotur Roudloh
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:59
Last Modified: 02 Jan 2020 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38055

Actions (login required)

View Item View Item